Dark/Light Mode

Langkah Kapolri Konsolidasikan Dukungan Untuk Sukseskan IKN Diacungi Jempol

Sabtu, 18 Juni 2022 18:05 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Ist)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dipilihnya titik 0 kilometer Ibu Kota Negara (IKN) sebagai tempat acara puncak Hari Bakti Kesehatan dalam rangka HUT Bhayangkara ke-76 sarat makna penting.

Aktivis Kemanusiaan dan Politik dari Jaringan Aktivis Kemanusiaan (JAKI) Yudi Syamhudi Suyuti mengungkapkan, pemilihan tersebut jadi strategi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam menghimpun dukungan publik untuk menyukseskan pembangunan IKN.

"Pertama, yang pasti itu penegasan tekad bahwa Polri mengawal penuh agenda IKN,” kata Yudi, Sabtu (18/6).

Baca juga : 50 Tenaga Harian Dikerahkan Untuk Siapkan Makam Eril

Menurutnya, komitmen Polri sangat penting terhadap agenda strategis dan prioritas nasional. Terlebih, saat ini Tahap I Rencana Pembangunan IKN sudah dimulai.

Dalam tahapan itu akan ada banyak hal yang perlu diantisipasi Polri. Salah satunya, terkait dengan potensi masalah akibat pembebasan lahan, relokasi pemukiman, serta upaya menjaga kohesi sosial.

"Kedua, (pemilihan titik nol) itu strategi Kapolri mengonsolidasikan dukungan, karena yang hadir di situ bukan hanya warga sekitar, ada banyak elemen perwakilan organisasi," tuturnya.

Baca juga : Bantuan Saprodi Kementan Dorong Suksesnya Kampung Hortikultura Di Gunungkidul

Dia mengatakan, keberhasilan Kapolri dalam mengonsolidasikan dukungan terlihat dari dilakukannya penandatanganan bersama antara elemen organisasi kepemudaan, kemahasiswaan, dan serikat pekerja. Mereka disebut menyatukan tekad untuk sama-sama mendukung dan mengawal pembangunan IKN sampai tuntas.

"Memang ini bukan kali pertama, tapi langkah persuasif Kapolri memperluas dukungan ini tak lepas dari kerangka tanggung jawab kepolisian tadi," ungkap Yudi.

Dia menilai strategi Kapolri itu tepat untuk mempermudah kepolisian menjaga kondusifitas lingkungan pada tahap awal pembangunan. Sebab, tahap awal seringkali jadi penentu keberhasilan pada tahapan selanjutnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.