Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Khofifah Disebut Cocok Dampingi Prabowo Atau Ganjar Di 2024

Rabu, 6 Juli 2022 17:02 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (Foto: Istimewa)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat politik dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Indaru Setyo Nurprojo, menilai bahwa Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memiliki kans yang sangat besar dalam Pilpres 2024. Menurutnya, Khofifah sangat layak untuk dicalonkan menjadi Cawapres. Ketua Jurusan Ilmu Politik Fisip Unsoed ini, bahwa Khofifah punya modal politik yang kuat yang tidak dimiliki calon lain.

"Khofifah tidak hanya merepresentasikan kaum Nahdliyin, tapi juga kaum perempuan yang jumlahnya mencapai separuh lebih dari total jumlah pemilih. Jika isu kesetaraan gender digulirkan dan ditarungkan dengan tokoh perempuan lain, saya yakin publik akan lebih memilih Khofifah," ujarnya, Rabu (6/7). 

Baca juga : Ribuan Kiyai Dan Santri Sumsel Doakan Ganjar Jadi Presiden 2024

Khofifah, kata Indaru, sangat kenyang pengalaman di legislatif dan eksekutif. Sebelum menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur, Khofifah terlebih dahulu malang melintang di Senayan sebagai anggota DPR. Lalu menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan di Era Presiden Gus Dur, Kepala BKKBN, dan Menteri Sosial di Era Presiden Jokowi. 

Tidak hanya itu, lanjut dia, Khofifah juga adalah pemimpin organisasi sayap perempuan Nahdlatul Ulama, Muslimat NU, yang memiliki jumlah anggota besar, yakni lebih dari 30 juta. Soliditas Muslimat NU terlihat saat Pilpres 2014 dan Pilpres 2019, ketika berhasil turut mengantarkan Jokowi menjadi presiden dua periode.

Baca juga : Emak-Emak Sumsel Siap Menangkan Ganjar Di Pilpres 2024

Secara personal, Indaru mengungkapkan, Khofifah adalah sosok politisi yang sangat luwes dan bisa diterima semua kalangan. Hal tersebut sangat dibutuhkan Indonesia guna mencegah terjadinya polarisasi akibat pemilihan umum. 

"Posisi Jawa Timur sangat diperhitungkan karena merupakan salah satu barometer politik nasional. Semua bakal calon presiden akan benar-benar berhitung, termasuk dengan mengajak Khofifah berduet dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang," tutur lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut.

Baca juga : Milenial Jatim Dukung Ganjar Presiden 2024

Disinggung soal dengan siapa Khofifah bersanding di Pilpres 2024, Indaru mengatakan, sangat cocok jika berduet dengan bakal calon presiden dari kalangan nasionalis. Menurutnya, figur seperti Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo cocok jika disandingkan dengan Khofifah.

"Jadi, perpaduan yang pas antara nasionalis dan religius. Khofifah punya basis massa yang besar dan loyal dari kalangan NU, yang bisa membawa keuntungan bagi siapa pun yang berduet dengannya. Jadi, jangan heran jika banyak calon yang juga berdatangan kepada Khofifah," pungkasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.