Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sedih Kehilangan Teman Baik

SBY: Shinzo Abe Pemimpin Hebat

Jumat, 8 Juli 2022 21:32 WIB
SBY dan Ibu Ani Yudhoyono foto bersama mantan PM Jepang Shinzo Abe dan Akie Abe sesaat sebelum jamuan santap malam, pada 2013. (Foto: Twitter @SBYudhoyono)
SBY dan Ibu Ani Yudhoyono foto bersama mantan PM Jepang Shinzo Abe dan Akie Abe sesaat sebelum jamuan santap malam, pada 2013. (Foto: Twitter @SBYudhoyono)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan duka cita atas meninggalnya Mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe. Abe meninggal dunia setelah dirawat akibat ditembak saat berpidato di Kota Nara, Jepang, Jumat (8/7).

"Saya sangat sedih mendengar tentang meninggalnya teman baik saya, mantan PM Jepang Shinzo Abe," cuit SBY, di akun Twitternya @SBYudhoyono, Jumat (8/7). 

Baca juga : Prabowo: Penting Negara Punya Pemimpin Bijaksana

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu juga menyebut, istri mendiang Abe, yakni Akie Abe, juga merupakan sahabat istrinya, yakni almarhumah Ani Yudhoyono.

"Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya dan doa yang tulus untuk Ibu Akie Abe (sahabat mendiang Ani Yudhoyono) dan keluarga di saat duka ini. Semoga Tuhan memberikan kekuatan untuk dia dan keluarga," bebernya.

Baca juga : Relawan Perempuan Dan Anak Perindo Dampingi Korban Rudapaksa

SBY mengatakan, Shinzo Abe adalah pemimpin besar Jepang dan dunia. Dia mengenang saat dirinya bekerja bersama dengan Abe dalam mengatasi isu global.

"Selama menjabat, kami bekerja sama erat dalam hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang dan isu-isu ekonomi global, perubahan iklim, geopolitik, demokrasi, dan hak asasi manusia," tutur SBY.

Baca juga : Perbandingan Prestasi Shin Tae-yong Dengan Pelatih Timnas Sebelumnya

SBY turut mengecam aksi kekerasan yang menewaskan Abe itu. Dia pun meyakini bahwa kasus ini akan ditangani hingga tuntas. "Saya yakin kejadian ini akan segera terungkap dan membawa keadilan bagi keluarga," tandasnya.

Dilansir dari AP dan NHK, Abe ditembak saat sedang berdiri menyampaikan pidato kampanye di Nara pukul 11.30 waktu setempat, Jumat (8/7). Kampanye itu dilakukan menjelang pemilihan umum untuk majelis tinggi parlemen yang digelar pada pekan depan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.