Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Kemendes Fokus Pada Desa Wisatanya BUMDesa Dan BUMDesa Bersama

Selasa, 12 Juli 2022 17:35 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar. (Foto: Humas Kemendes PDTT)
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar. (Foto: Humas Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Desa Wisata menjadi salah satu atensi pemerintah dalam percepatan pembangunan desa. Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes PDTT) dan Transmigrasi dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekaf) telah berbagi proporsi dalam pembinaan dan pengawasan desa wisata.

Hal itu disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar pada Peluncuran Program Pemuliaan Air, di Tukad Oos Nyapuh Tirah Campuhan di Ubud, Bali, Selasa (12/7).

"Sedikit mendiversifikasi tanggung jawab pembinaan dan pengawasan antara Kemenparekraf dengan Kemendes terkait desa wisata. Di mana kalau Kemendes fokus pada desa wisata yang dikelola oleh BUMDesa maupun BUMDesa Bersama. Sedangkan kalau Parekraf semuanya," terang Gus Halim, sapaan akrabnya.

Baca juga : Kemensos Periksa ACT Soal Penggunaan Dana Umat

Menurut Gus Halim, BUMDesa dan desa wisata merupakan ujung tombak pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi.

Oleh karena itu, ia mengajak semua pihak untuk bersama sama menggerakan BUMDesa dan desa wisatanya. Termasuk, berkolaborasi dengan Kemenparekaf.

"Artinya desa wisata yang dikelola BUMDesa dan BUMDesa Bersama pun itu juga menjadi tugas dan tanggung jawabnya Kemenparekraf, di mana hari ini Ibu Wamen hadir di tengah-tengah kita," jelasnya.

Baca juga : Gus Halim: Jangan Terjebak Pada Wisata Pabrikan

Gus Halim juga menambahkan, desa wisata telah menjadi tren pariwisata dunia. Pengalaman liburan otentik di tengah lingkungan yang santai dan sehat semakin memantik kunjungan banyak wisatawan.

Oleh karena itu, Kemendes dan Kemenparekraf terus memperkuat untuk mengembangkan desa wisata di Indonesia.

"Kita terus bersinergi untuk desa wisata, membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan memajukan kesejahteraan masyarakat desa," tandas Gus Halim.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.