Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Aplikasikan Teori Kuliah, FTUP Kerja Sama Dengan Pelaku Industri

Jumat, 15 Juli 2022 21:25 WIB
Program magang mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pancasila. (Foto: FTUP)
Program magang mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pancasila. (Foto: FTUP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Para mahasiswa yang baru lulus kuliah tidak semuanya bahagia. Sebagian ada juga yang kebingungan, terutama saat menjadi pencari kerja. Pola kehidupan yang berbeda dari seorang mahasiswa, menjadi job seeker, dan kemudian jadi worker merupakan tahap yang tak mudah.  

Hal ini mendorong Fakultas Teknik Universitas Pancasila (FTUP) memfasilitasi yang menjadi kebutuhan mahasiswa untuk kegiatan magang. Utamanya untuk Program D3 Teknik Elektro dan D3 Teknik Mesin. FTUP bekerja sama dengan pelaku industri baik BUMN maupun swasta. Seperti dengan PT KAI, PT INKA, PT Merck, PT Defa Angkasa, PT Lubana Sukses Abadi, dan PT Delima Tata Laksana.

Baca juga : Alert!! 276 Juta Orang Di Dunia Hadapi Kerawanan Pangan Akut

“Program kerja sama yang dikembangkan FTUP adalah membantu menyalurkan para mahasiswa yang sudah waktunya mempraktikkan teori kuliah segera terjun ke dunia industri untuk menyiapkan diri menghadapi dunia kelulusan nantinya,” papar Dekan FTUP Budhi Muliawan Suyitno, dalam keterangan yang diterima redaksi, Jumat (15/7).

Dalam mengaplikasikan teori kuliah, lanjutnya, seringkali dikenal dengan istilah program magang/praktik kerja. Selama magang, mahasiswa akan mendapatkan hard skills (keterampilan, complex problem solving, analytical skills, dan sebagainya), maupun soft skills (etika profesi/kerja, komunikasi, kerja sama, dan sebagainya). Sedangkan pelaku industri mendapatkan talenta yang bila cocok nantinya akan langsung direkrut.

Baca juga : Psikolog: Istri Ferdy Sambo Trauma, Menangis Terus

“Mahasiswa yang sudah mengenal tempat kerja akan lebih paham dalam memasuki dunia kerja dan kariernya. Melalui kegiatan ini, simbiosis mutualisme tercapai. Mahasiswa memiliki masa depan yang diharapkan, dan instansi memperoleh tenaga kerja yang diharapkan pula,” terangnya.

Selain program dukungan dalam mengaplikasikan teori kuliah, lanjut Budhi, FTUP juga memberikan kemudahan biaya kuliah. “Untuk mengetahui lebih lengkapnya bisa membuka di website https://pmbonline.univpancasila.ac.id/,” tutupnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.