Dark/Light Mode

Sekjen PDIP dan PAN Sepedaan Bareng

Keren, Kalau Banteng Gabung Koalisi Beringin

Sabtu, 16 Juli 2022 06:50 WIB
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dan Sekjen PAN Eddy Soeparno sepeda bersama di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat (15/7/2022) pagi.(Foto : Dok. PDIP)
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dan Sekjen PAN Eddy Soeparno sepeda bersama di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat (15/7/2022) pagi.(Foto : Dok. PDIP)

 Sebelumnya 
"Tapi, kalau mau gabung KIB, ya tentu sangat senang sekali. Apalagi kalau hanya satu koalisi," selorohnya, dalam diskusi Talkshow Lembaga Komunikasi dan Informasi (LKI) Partai Golkar dengan tema Peta Koalisi Pasca Kelahiran KIB, di Jakarta Selatan.

Sementara, Golkar tidak khawatir jika PAN akan kepincut gabung ke koalisi yang dibangun PDIP, lalu meninggalkan KIB dan terbelah. "Ketiga partai yang ada di KIB konsisten dengan kesepakatan bersama," ujar Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily, di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Kakang Dan Ferdiansyah Langsung Gabung Latihan Bersama Persib

Ia meyakini, gowes bareng Hasto dan Eddy itu hanya pertemuan individual dan informal. Sehingga tidak akan berpengaruh apa-apa bagi KIB. "Masak gara-gara gowes bareng dinilai bahaya," tambahnya.

Sementara, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi (Awiek) melihat pertemuan Hasto dan Eddy bagian dari komunikasi politik sesama sekjen partai. Namun, pertemuan itu hanya biasa-biasa, tidak formal. Ia juga tak mau ambil pusing dengan berbagai spekulasi yang ada.

Baca juga : Perhatikan Ketentuan Barang Bawaan Haji, Jangan Sampai Koper Dibongkar

"Ya kalau orang memprediksi, silakan saja. Toh KIB tidak pernah membatasi komunikasi dengan siapa pun. Apalagi dengan PDIP sesama partai koalisi," tuturnya.

Akankah PDIP mau gabung ke KIB? Pengamat politik Adi Prayitno malah melihat sebaliknya. Yaitu KIB yang gabung ke PDIP. Sebab, magnet PDIP cukup besar, semua partai pasti akan meleleh jika partai yang dikomandoi Megawati Soekarnoputri itu membuka pintu.

Baca juga : Kang Emil Ditunggu Gabung Ke Beringin

"KIB bisa bubar jalan. Karena PDIP itu punya infrastruktur, mereka punya tim yang solid, punya queen dan king maker yakni Mega dan Jokowi. Kemudian mereka punya jagoan," ucap Adi, saat dihubungi tadi malam. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.