Dewan Pers

Dark/Light Mode

Hadiri Haul Habib Abu Bakar Assegaf

Subur Ingatkan Pentingnya Sinergitas Kehidupan Beragama Dan Bernegara

Sabtu, 16 Juli 2022 13:30 WIB
Ketua Umum (Ketum) DPP Forum Komunikasi Pendiri Deklarator Partai Demokrat (FKPD-PD), Subur Sembiring bersama para habaib saat Haul Al-Imam Al-Qutb Al-Habib Abu Bakar bin Muhammad bin Umar Assegaf yang Ke-67 di Masjid Jami Gresik, Jawa Timur, Sabtu (16/7). (Foto: Istimewa)
Ketua Umum (Ketum) DPP Forum Komunikasi Pendiri Deklarator Partai Demokrat (FKPD-PD), Subur Sembiring bersama para habaib saat Haul Al-Imam Al-Qutb Al-Habib Abu Bakar bin Muhammad bin Umar Assegaf yang Ke-67 di Masjid Jami Gresik, Jawa Timur, Sabtu (16/7). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum (Ketum) DPP Forum Komunikasi Pendiri Deklarator Partai Demokrat (FKPD-PD), Subur Sembiring menghadiri kegiatan Haul Al-Imam Al-Qutb Al-Habib Abu Bakar bin Muhammad bin Umar Assegaf yang Ke-67 di Masjid Jami Gresik, Jawa Timur, Sabtu (16/7).

Subur berharap, acara ini bisa meningkatkan sinergitas kehidupan beragama dan bernegara di Indonesia. Pasalnya, bangsa ini akan menghadapi gelaran Pilpres 2024. Harapannya, tidak ada lagi polarisasi yang memecah bangsa seperti di dua pemilu lalu.

"Saya sempat berbicara di acara tersebut, tentang makna haul dan implementasinya terhadap eksistensi kehidupan umat beragama dan bernegara menyongsong Pilpres 2024," ujar Subur, kepada RM.id, Sabtu (16/7).

Berita Terkait : Kepala BNPT Ingatkan Pentingnya Inovasi Dalam Program KTN

Raja Muda Karo ini bersyukur haul ini kembali digelar setelah dua tahun ditiadakan karena pandemi Covid-19. Merajut silaturahmi, acara ini dihadiri lebih dari 5000 habaib, dan 5000 tokoh ulama se-Nusantara.

Pun, jamaah yang hadir diperkirakan mencapai 10 ribu jiwa. Ketua Dewan Pembina Asosiasi Petani dan Penderes Pinus Indonesia (AP3I) ini menceritakan kehadirannya itu atas undangan khusus Habib Abdullah Alyidrus Gersik.

Kehadirannya ditemani tokoh daerah seperti Yang Mulia Sultan Maha Rajosati Sultan Syofian dari Sumatera Barat, Kanjeng Pangeran Putra Sanjaya Imam Abdul Azis dari Kraton Solo, hingga Kanjeng Pangeran Haryo Fajar Kusbiyantoro dari Kraton Yogyakarta. Kemudian, Habib Muhammad Irfan Alaydrus, menantu kedua Rizieq Shihab dan Habib Zaki Alaydrus dari Pekalongan.

Berita Terkait : Media Berperan Penting Ciptakan Perdamaian Di Tengah Konflik

Di acara tersebut, Subur bersama tokoh daerah lainnya berdiskusi dengan para habaib di acara tersebut. Di antaranya, Habib Abdullah Alyidrus, Habib Umar Alyidrus, Habib Hasan Alyidrus, hingga Habib Ayib Alyidrus.

"Intinya, kita ingin berkontribusi baik untuk persatuan bangsa. Menghasilkan tekad bulat para Habib, Ulama, Raja, dan Sultan se-Nusantara," katanya.

Secara pribadi, Subur berharap, para tokoh agama dan daerah ini bisa berkolaborasi menyatukan bangsa ini tidak hanya dalam menggapai misi perdamaian. Namun, turut menentukan Capres 2024 yang akan datang.

Berita Terkait : Erick Happy, Himbara Aktif Salurkan 100 Sapi Kurban Di Jawa Barat Dan Banten

Ke depan, kata Subur, dirinya juga akan mengumpulkan 317 Raja dan Sultan se-Nusantara di awal Agustus 2022, di Kraton Glagah Wangi Demak, Bintoro, Jawa Tengah. ■