Dark/Light Mode

Pemprov Maluku Gandeng ESQ Lucurkan ASN BerAKHLAK

Sabtu, 16 Juli 2022 20:29 WIB
Gubernur Maluku Irjen. Pol. (Purn) Murad Ismail bersama pendiri ESQ Group Ary Ginanjar Agustian usai Launching Budaya Kerja ASN BerAKHLAK di lingkungan Pemerintah Provinsi Maluku di Kota Ambon, Jumat (15/7). (Foto: Istimewa)
Gubernur Maluku Irjen. Pol. (Purn) Murad Ismail bersama pendiri ESQ Group Ary Ginanjar Agustian usai Launching Budaya Kerja ASN BerAKHLAK di lingkungan Pemerintah Provinsi Maluku di Kota Ambon, Jumat (15/7). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Sementara itu, pendiri ESQ Group, Ary Ginanjar Agustian mengucapkan terimakasih sekaligus mengapresiasi perhelatan yang menurutnya luar biasa ini.

"Luar biasa pertemuan pertama dengan Wakil Gubernur Maluku ini. Saya menyangka Wagub itu orangnya birokratis seperti jaman dulu. Tetapi ketika saya bertemu Wagub Maluku, beliau sangat sangat informal, menyambut tamu dengan cara yang menyatu dengan masyarakat," terang Ary dengan antusias.

Sebelum acara dimulai, Ary Ginanjar bersama Barnabas sempat berbincang-bincang. Wagub Maluku mengatakan bahwa Indonesia ini terlalu banyak sistem dan aturan. Justru karena terlalu banyak itu kita malah jadi makin berantakan.

Baca juga : Sinar Mas Land Salurkan 512 Hewan Kurban

"Saya kaget, kok bisa baca pikiran saya. Sakti sekali Pak Wagub. Dan hari ini kita launching, solusinya yaitu nilai nilai BerAKHLAK yang menjadi kode etik ASN secara nasional," kata Ary yang juga merupakan peletak dasar Ber-AKHLAK melalui buku ASN Ber-AKHLAK Bangga Melayani Bangsa.

Ary Ginanjar juga secara khusus mengapresiasi doa yang dibawakan oleh pemuka berbagai agama pada acara launching ini.

"Ini menunjukkan Maluku memang telah bersatu, tidak ada lagi sekat sekat agama yang memisahkan, dan telah menjadi satu kesatuan dibawah bingkai NKRI, ini lah juga yang diperjuangkan ESQ," tegas Ary.

Baca juga : Pemprov DKI Dukung Program Daur Ulang Sampah Plastik

Selanjutnya Ary setuju dengan apa yang dituturkan oleh Kepala Biro Organisasi Tata Laksana Kemendagri Ir. Suprayitno, MA bahwa dari sekian banyak daerah yang sudah meluncurkan Core Values ASN BerAKHLAK, Provinsi Maluku-lah yang paling meriah acaranya.

"Acara ini yang terhebat, ini yang luar biasa, Pak Sekjen sangat mengapresiasinya. Karena di sini memperlihatkan kolaborasinya mulai dari tarian, doa dari seluruh pemuka agama, penyambutannya, paduan suara, dan lain-lain. Ini merupakan cerminan bahwa Maluku luar biasa. Temen-teman ASN di Maluku sudah paham betul nilai-nilai BerAKHLAK," tutur Suprayitno.

Dari acara ini juga terlihat bahwa ESQ bersifat universal, yang bisa diterima berbagai suku, agama, adat istiadat dan lainnya, yaitu Indonesia Raya.

Baca juga : Infinix Gandeng Abimana Luncurkan Note 12 Terbaru

Di akhir acara, tepatnya di tepi laut Natsepa, Ary Ginanjar beramah tamah dan bernyanyi bersama Gubernur Maluku Murad Ismail serta istrinya. Menurut Ary, keduanya punya suara merdu.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Wakil Gubernur Maluku Barnabas N. Orno, Kepala Biro Organisasi Setda Maluku Mekias M Lohy, Kepala Biro Organisasi Tata Laksana Kemendagri Suprayitno, dan Pendiri ESQ Group Ary Ginanjar Agustian.

Selain bertempat di Gedung Islamic Center, acara ini juga  digelar melalui zoom meeting dan live streaming di Youtube, sehingga bisa ditonton oleh para sekda, bupati, wali kota, seluruh ASN Maluku dan seluruh Indonesia. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.