Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Puluhan Delegasi Y20 Hadiri Jamuan Makan Malam Bersama Ketua DPR

Senin, 18 Juli 2022 09:17 WIB
Ketua DPR Puan Maharani makan malam bersama delegasi Y20. (Foto: Ist)
Ketua DPR Puan Maharani makan malam bersama delegasi Y20. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Puluhan delegasi Youth 20 (Y20) dari berbagai negara menghadiri santap malam bersama Ketua DPR, Puan Maharani di Hotel Shangri-La, Jakarta, Minggu (17/7).

Sebagai informasi, Y20 telah berjalan selama 10 tahun. Namun, ini adalah kali pertama para delegasi Y20 disambut oleh Ketua DPR.

"Ini adalah sebuah privilege bagi kita semua untuk dapat berdiri sendiri mewakilkan semua anak muda dan negara-negara. Saya berharap kita dapat mengajukan kebijakan strategis yang tidak hanya bermanfaat bagi kita, tetapi juga untuk generasi di masa depan," jelas Co-Chair Y20 Indonesia 2022 Indra Dwi Prasetyo.

Baca juga : Ganjar Pranowo Dinobatkan Sebagai Bapak UMKM

Dalam kegiatan Networking Night tersebut, Puan  menekankan pentingnya keterlibatan anak muda dalam proses pengambilan keputusan. Puan menjelaskan, hingga saat ini, anak muda cenderung masih kurang terwakili. 

Data menunjukkan hanya 2,6 persen dari anggota parlemen di dunia merupakan anak muda di bawah usia 30 tahun. Padahal, inklusi anak muda memiliki peranan penting dalam memperkuat demokrasi di seluruh dunia dan mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs).

“Anak muda adalah pendorong masa depan pembangunan ekonomi. Anak muda adalah pemimpin di masa yang akan datang. Anak muda diharapkan dapat memberikan ide-ide baru untuk mengatasi masalah dunia saat ini," ungkap Puan kepada para delegasi Y20 saat jamuan makan malam.

Baca juga : Pocadi Hadir Di Ombudsman, Diharapkan Tingkatkan Kelincahan SDM

Menurut Puan, jika ingin membuat sebuah perubahan, maka kawula muda bisa memulainya dengan membuat komitmen dan ikut terlibat dalam proses pengambilan keputusan. Tak hanya itu, anak muda juga harus mewujudkan komitmen itu lewat aksi nyata.

"Untuk itu, mari kita bekerja sama untuk mewujudkan dunia untuk semua generasi, dunia yang lebih berkelanjutan, damai, serta sejahtera. Sebuah dunia di mana anak muda bisa memanfaatkan seluruh potensi mereka. Dengan ini, kita dapat mengubah proses pemulihan menjadi dunia yang resilient," jelas Puan.

Adapun KTT Y20 ini resmi dibuka di Jakarta pada Senin (18/7). Selama lima hari ke depan, para delegasi muda Y20 akan membahas finalisasi Communiqué berupa rekomendasi kebijakan akan ditujukan kepada Presiden Joko Widodo untuk kemudian dibahas dengan pemimpin negara G20 lainnya.

Baca juga : Presiden Sri Lanka Gagal Kabur Ke Dubai

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.