Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dapat Kucuran Rp 4,1 Triliun

Barca Malah Kena Apes

Kamis, 7 Juli 2022 07:00 WIB
Franck Kessie. (Foto: Getty Images).
Franck Kessie. (Foto: Getty Images).

RM.id  Rakyat Merdeka - Barcelona baru saja mendapat suntikan dana sebesar 267 juta Euro, atau setara Rp 4,1 triliun untuk belanja pemain pada bursa transfer musim panas ini. Dana itu didapat dari penjualan hak siar televisi dan lisensi merchandise.

Kucuran dana ini tentu saja menghadirkan sedikit angin segar bagi tim berjuluk Blaugrana itu. Apesnya, meski baru mendapat dana kucuran dana cukup besar, dua pemain anyar mereka yakni Franck Kessie dan Andreas Christensen malah dilarang didaftarkan ke skuad. Padahal, kedatangan mereka sudah resmi diumumkan Barca lewat situs resmi klub, Senin (4/7).

Menurut laporan The Marca, kemarin, Barca tak bisa memasukkan Kessie dan Christensen ke dalam skuad karena ma­salah finansial. Tagihan gaji kedua pemain masih melewati batas yang diperbolehkan. Sehingga, suntikan modal dari penjualan hak siar televisi itu menjadi sia-sia karena tidak bisa digunakan Barca untuk bisnis pemain baru.

Baca juga : BPK Harap PMN Rp 73 Triliun Bisa Tingkatkan Kinerja BUMN

Dana tersebut harus digunakan lebih dulu untuk menyeimbangkan neraca musim lalu meski sudah melepas beberapa pemain seperti Philippe Coutinho serta Dani Alves, dan kontrak Ousmane Dembele yang kedaluwarsa.

Media asal Spanyol itu juga melaporkan, Barca diminta La Liga untuk segera memproses financial leverage selain penjualan hak siar dan merchandise supaya dapat mendatangkan aliran modal baru. Setelah itu, diperkenankan untuk mendaftar pemain anyar dalam skuad.

Kessie dan Christensen sendiri masing-masing didatangkan tanpa biaya transfer dari AC Milan dan Chelsea usai keduanya habis kontrak. Mereka bahkan disebut sudah meneken kontrak sampai 2026, dengan klausul rilis sebesar 500 juta Euro, atau setara Rp 7,6 triliun.

Baca juga : Wow, Chelsea Nyiapin Rp 1,8 Triliun Buat Matthjis De Ligt

Tetapi skuad Xavi masih kegendutan, karena sebagian besar nama-nama yang mau dia singkirkan gagal mengundang minat dari klub lain. Situasi ini membuat perihal Frenkie de Jong kian krusial.

Sebab, Barca dan Manchester United sudah mendekati kata sepakat untuk transfer gelandang 25 tahun tersebut. Raksasa Catalunya itu bakal melegakan tagihan gaji mereka begitu dia resmi dikontrak The Red Devils, sehingga bisa mendaftarkan pemain-pemain anyar.

Namun pihak Barca dan De Jong sebenarnya satu suara tak mau berpisah, dengan syarat sang pemain sudi potong gaji. Tapi, hingga berita ini diturunkan, belum jelas apakah De Jong mau mengurangi nilai kontraknya, tetapi Barca harus gerak cepat merampungkan bisnis mereka dengan latihan pramusim sudah dimulai.

Baca juga : PLN Happy, Pemerintah Peduli Sama Masyarakat

Sekadar informasi, krisis finansial Barca sudah jamak dilaporkan selama setahun belakangan. Tahun lalu, Blaugrana bahkan harus merelakan legenda mereka, Lionel Messi, bergabung dengan Paris Saint Germain secara gratis karena tak kuat membayar kontrak barunya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.