Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gelar Ijtihad Pikir dan Zikir

Ribuan Ulama dan Kiai di Jabar Dukung Ganjar Presiden 2024

Jumat, 22 Juli 2022 08:54 WIB
Deklarasi mendukung Ganjar Pranowo menjadi Presiden 2024-2029  di Aula Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Riyadl, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Turut ikut dalam deklarasi pimpinan majelis taklim, pimpinan pondok pesantren, pimpinan DKM Masjid, perwakilan 27 Kabupaten/ Kota yang ada di Jawa Barat. (Foto: Istimewa)
Deklarasi mendukung Ganjar Pranowo menjadi Presiden 2024-2029 di Aula Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Riyadl, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Turut ikut dalam deklarasi pimpinan majelis taklim, pimpinan pondok pesantren, pimpinan DKM Masjid, perwakilan 27 Kabupaten/ Kota yang ada di Jawa Barat. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ganjar Pranowo dinilai sebagai sosok pemimpin yang mempunyai kapabilitas, integritas, moderat, dekat dengan ulama dan kiai. Sejumlah alasan itu membuat ribuan Ulama dan Kiai di Jawa Barat mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar untuk menjadi Presiden Indonesia periode 2024-2029. 

Deklarasi dilakukan di Aula Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Riyadl, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Turut ikut dalam deklarasi pimpinan majelis taklim, pimpinan pondok pesantren, pimpinan DKM Masjid, perwakilan 27 Kabupaten/ Kota yang ada di Jawa Barat. 

"Sosoknya yang moderat, tegas, nyantri, dekat dengan Kiai dan Ulama, itu yang bikin kita para pimpinan ponpes, kiai dan ulama tertarik mendukung Bapak Ganjar," kata pimpinan Ponpes Al Riyadl, KH Pipin S. Arifin, usai deklarasi, Kamis (21/7). 

Menurut Pipin, dukungan kepada Ganjar didapatkan sebagai hasil diskusi dengan semua pihak. Ganjar merupakan pemimpin yang mempunyai kapabilitas sebagai manifestasi dari karakter kerja yang telah dilakukannya selama ini. Sedangkan integritas sebagai wujud dari karakter moral dari Ganjar yang peduli pada semua lapisan masyarakat. 

Baca juga : Pedagang Asongan Se-Jawa Barat Kompak Dukung Ganjar Pranowo Maju ke Pilpres 2024

"Ijtihad kami baik melalui ijtihad pikir, kemudian ijtihad dzikir," ucapnya.

Pipin menyebut, dalam berbagai hasil survei Ganjar Pranowo juga diunggulkan untuk memenangkan kontestasi Pilpres 2024. Pipin menyakini Ganjar akan mampu memimpin Indonesia menjadi lebih baik lagi saat menjadi presiden Indonesia. 

"Saat ini yang hadir ada sekitar 2000 orang. Kami sangat berharap sekali Bapak Ganjar bisa memimpin Bangsa ke depan, untuk pembangunan berkelanjutan," ucapnya. 

Dalam deklarasi, Pipin mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa Barat mendukung serta memenangkan Ganjar Pranowo Presiden 2024. Mereka juga menyatakan akan berkomitmen untuk bekerja secara maksimal memenangkan Ganjar.

Baca juga : Inginkan Kesejahteraan Masyarakat Desa, Ribuan Warga Sultra Suarakan Ganjar Pranowo Presiden 2024

"Kiai dan Ulama se-Jawa Barat siap menjadi mitra strategis dalam upaya memenangkan Bapak Haji Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024," ucap Pipin saat membacakan teks deklarasi yang diikuti peserta yang hadir.

Pengasuh Ponpes Darul Falah Cianjur, KH Ade Ismail menilai, Ganjar merupakan sosok pemimpin yang akan mampu menjawab tantangan zaman. Hal itu bisa dilihat dari kepimpinannya yang berprestasi di Jateng serta saat menjadi anggota DPR RI. 

"Bagi saya setiap pemimpin itu sesuai dengan tantangan zaman, dan hari ini Pak Ganjar menjawab tantangan tersebut. Dan sebagai warga Jawa Barat, prestasi Pak Ganjar itu perlu ditularkan di seluruh Indonesia," ujar Ade di lokasi. 

Dalam deklarasi itu juga diadakan Istighosah dan Doa bersama untuk kebaikan Bangsa dan negara Indonesia. Santri dan masyarakat umum turut ikut dalam kegiatan tersebut. 
 
Hadir dalam deklarasi itu juga diantaranya, KH. Abdul Aziz Hamdan selaku pengurus MUI Cianjur, KH. Aden Asadullah selaku Pengasuh Pondok Pesantren Istiqomah Cianjur, Habib Ahmad selaku tokoh Ulama Jawa Barat.

Baca juga : Ribuan Santri Dan Ulama Harap Keberkahan Shalawat Hantarkan Ganjar Pranowo Presiden 2024

Kemudian, Ust. Elan Suherlan selaku Pimp. Ponpes Darul Muslimin, KH. Deden Abdullah Syuja'i selaku Ketua JQHNU Cianjur, Ust. Akasah Kosasih selaku Ketua Forum Komunikasi Guru Ngaji Jawa Barat. Lalu, Ust. Aceng Suryana selaku Pimpinan Ponpes Qiro'at, KH. Hamdan Malik selaku Ketua Yayasan Pendidikan Islam Al-Riyadl dan Drs. KH. Wahyu Ilham selaku Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Al Riyadl. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.