Dark/Light Mode

Krisis Iklim Berdampak Pada Hak-hak Anak

Sabtu, 23 Juli 2022 12:33 WIB
Kegiatan Child Campaigner Save The Children Indonesia bertanam. (Foto: IST)
Kegiatan Child Campaigner Save The Children Indonesia bertanam. (Foto: IST)

RM.id  Rakyat Merdeka - Save the Children Indonesia di Hari Anak Nasional (HAN) 2022 mendorong pemenuhan hak-hak anak yang berfokus pada membangun ketahanan atau resiliensi anak dan keluarga, terutama mereka yang paling terdampak situasi buruk krisis iklim dan pandemi Covid-19.

"Krisis iklim juga merupakan krisis pada hak-hak anak. Anak-anak menanggung beban berat dari dampak krisis iklim," jelas Chief of Advocacy, Campaign, Communication & Media Troy Pantouw dalam acara virtual.

Untuk itu, lanjut dia penting agar upaya pemenuhan hak anak juga menyasar pada membangun ketahanan. Dimulai dari peningkatan kesadaran tentang aksi adaptasi krisis iklim, mendukung ekonomi keluarga, memastikan layanan dasar kesehatan pada anak terpenuhi, mendapat perlindungan sosial, serta hak pendidikan anak.

Baca juga : Krmencik Masih Adaptasi Cuaca Panas Jakarta

Krisis iklim mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan anak dalam berbagai bentuk. Di bidang kesehatan, data Kementerian Kesehatan tentang Data & Informasi Dampak Perubahan Iklim di Sektor Kesehatan 2021 menjelaskan bahwa penyakit yang berkaitan dengan perubahan iklim.

"Yakni diare, pneumonia, infeksi saluran pernafasan akut, serta beberapa masalah gizi seperti stunting dan underweight," lanjut dia.

Kemampuan anak dan keluarga untuk beradaptasi dengan dampak krisis iklim juga terbatas, salah satu alasannya karena pengetahuan, serta minimnya informasi dan pendampingan dari berbagai pihak.

Baca juga : Persija Tanpa Osvaldo Haay 6 Bulan

Untuk itu penting untuk memprioritaskan peningkatan kapasitas adaptasi anak dan keluarga serta memenuhi kebutuhan paling utama pada keluarga yang paling terdampak.

Anak perlu dilibatkan dalam ruang-ruang diskusi dan dilibatkan dalam pengambilan keputusan agar terwujud kebijakan yang ramah anak dan berpihak pada anak.

“Harapan kami, pemerintah dapat membuka ruang dialog bersama anak agar upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim dapat membuahkan keadilan iklim yang ramah anak," tambah Child Campaigner Save the Children Indonesia, Kahfi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.