Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tips Kembalikan Pola Makan Pasca Lebaran

Senin, 16 Mei 2022 13:42 WIB
Diskusi Tokopedia. (Foto: Ist)
Diskusi Tokopedia. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Momen pasca Lebaran diyakni menjadi kesempatan untuk mengatur kembali pola makan yang lebih baik untuk menjaga kesehatan.

Tokopedia bersama Ahli Gizi Elfina Rachmi membagikan lima tips kembalikan pola makan sehat usai Ramadan dan Lebaran. Pertama perhatikan konsumsi gula, garam dan minyak.

"Selain itu, cek pula kesehatan secara rutin, istirahat yang cukup dan kelola stres dengan baik," jelas Elfina dalam jumpa virtual.

Kemudian, prinsip diet. Maksudnya ikuti pola makan sehat dengan jurus 4J. Yakni, jumlah, jadwal, jenis dan jurus masak.

Baca juga : Kasus Kecelakaan Periode Mudik 2022 Turun 11 Persen

Menurut Elfina, jumlah yang cukup dan diet seimbang sesuai kebutuhan, jadwal yang teratur agar proses metabolisme terjaga dengan baik, serta jurus memasak yang sehat dengan memilih pengolahan bervariasi, seperti kukus, rebus, panggang, pepes daripada menggoreng.

"Menggoreng sebaiknya maksimal 2 kali seminggu," tambahnya.

Lantas yang ketiga adalah pemilihan jenis makanan. Pastikan semua zat gizi makronutrien (karbohidrat, protein atau lemak), mikronutrien (vitamin mineral) dan cairan harian terpenuhi.

"Pilih karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum atau oatmeal. Pilih lemak dari sumber lemak baik dan kurangi lemak jenuh seperti gorengan atau junk food," urai Elfina lagi. Lalu, perhatikan asupan serat yang bisa didapatkan dari sayur dan buah-buahan. 

Baca juga : Sudah Deal, Juku Eja Masih Rahasiakan Nama Pemain Asing

Keempat, soal pemenuhan cairan. Elfina mengatakan pastikan minum air sebanyak 2 liter atau 8 gelas sehari. Minimalisir minuman manis, bersoda dan yang mengandung kafein secara berlebihan, seperti kopi, karena menyebabkan lebih sering buang air kecil dan dapat menghambat penyerapan kalsium.

"Dan yang kelima, aktivitas dan latihan fisik. Target olahraga sebaiknya 3-5 kali seminggu," terangnya lagi.

Mulai dengan olahraga yang ringan hingga sedang seperti jalan kaki di sekitar rumah untuk melenturkan otot-otot yang telah lama tidak dilatih, baru kemudian atur jadwal olahraga sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh.

Sekadar informasi, Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mencatat, kategori makanan dan minuman, fashion dan rumah tangga paling laris selama Ramadan 2022.

Baca juga : Kementan Siap Kembangkan Kampung Lengkeng Untuk Tingkatkan Daya Saing

"Penjualan perlengkapan ibadah melonjak hampir 4 kali lipat. Dan terkumpul lebih dari Rp 15 miliar donasi, zakat, wakaf dan fidyah," jelasnya.

Kesuksesan juga diraih oleh merek cokelat lokal Pipiltin Cocoa. UMKM yang memberdayakan petani cokelat lokal ini mengalami peningkatan transaksi hingga 3 kali lipat di Ramadan 2022.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.