Dark/Light Mode

Cacar Monyet Jadi Darurat Global

Ih Ngeri, Mudah-mudahan Tak Menjangkit Indonesia

Selasa, 26 Juli 2022 06:35 WIB
Ilustrasi cacar monyet. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Marina Demidiuk).
Ilustrasi cacar monyet. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Marina Demidiuk).

 Sebelumnya 
Netizen meminta Pemerintah melaku­kan tindakan konkret agar cacar monyet tidak masuk ke Indonesia.

Akun @ProfesorZubairi meminta Pemerintah siap siaga menyusul pernyataan WHO bahwa wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan global. Sangat penting mengkonsolidasikan strategi mitigasi di berbagai tingkatan.

“Karena lebih 16 ribu kasus telah me­nyebar di 75 negara saat ini. Waspada,” kata dia, mewanti-wanti.

Baca juga : WHO Asia Tenggara Minta Negara-negara Kencengin Prokes Dan Pengawasan

“Ih ngeri, mudah-mudahan tidak terjadi di Indonesia seperti pandemi Covid-19,” kata @Vaya_Fadillah.

Akun @B4nny juga meminta masyarakat waspada terhadap cacar monyet. Pemerintah harus melakukan tindakan pencegahan dan pemberitahuan kepada masyarakat dengan konferensi pers lang­sung yang ditayangankan di seluruh TV nasional.

“Pemerintah harus segera melakukan tin­dakan konkret mengatasi ini agar tidak sep­erti Covid-19 yang menyerang dan masuk Indonesia,” pinta @Memet_Sandara.

Baca juga : Prof. Tjandra: Cacar Monyet Kini Berstatus Darurat Kesehatan Global, Tapi Belum Tentu Jadi Pandemi

“Kementerian Kesehatan telah men­gaktifkan pengawasan untuk mencegah penyebaran cacar monyet,” timpal @Upon_aje.

Akun @JeySAts mengingatkan masyarakat agar hati-hati karena wabah cacar monyet sedang menyebar di seluruh dunia. Dia meminta warga selalu jaga kebersihan agar tidak tertular. “Memang nggak mematikan, tapi bakal ninggalin bekas jelek di tubuh,” kata dia.

Menurut @Kaist_world, demam ham­pir selalu menjadi gejala awal suatu pe­nyakit. Termasuk pada Cacar Monyet ini. Kata dia, demam itu bentuk awal perla­wanan tubuh terhadap virus atau sumber infeksi lainnya. “Stay safe u guys,” kata dia, mengingatkan.

Baca juga : Cegah Pemanasan Global, Pertamina Sukseskan Transisi Energi

Akun @Jack_Phillips mengatakan, penyakit cacar monyet masih bisa di­atasi seperti cacar yang lain, dengan obat asiklovir atau acylovir. Obat ini sudah terbukti sangat ampuh untuk pernyakit sejenis cacar. “Jadi tidak perlu terlalu dirisaukan,” pinta dia.

Namun, @Eka_chan meminta masyarakat dunia tidak panik dengan penetapan cacar monyet sebagai darurat global. Cacar monyet merupakan pe­nyakit kaum homoseks. “Kok ributnya sedunia. Hadooh,” katanya.

Akun @Abdulfa7400 menyambung. Dia bilang, menurut WHO, di luar benua Afrika, 99 persen kasus cacar monyet yang dilaporkan terjadi di kalangan pria. Dari jumlah tersebut, 98 persen dialami oleh para pria yang melakukan hubungan seksual dengan sesama jenis. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.