Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PWNU Jabar All Out Dukung Pelestarian Mangrove

Selasa, 26 Juli 2022 14:31 WIB
Ketua PWNU Jawa Barat, K.H Juhadi Muhammad. (Foto : ist)
Ketua PWNU Jawa Barat, K.H Juhadi Muhammad. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat mendukung penuh Festival Mangrove Gangga-Cilamaya di Cilamaya Girang dan Desa Rawameneng, Kabupaten Subang pada Minggu (24/7).

Dukungan ini sebagai bentuk perhatian NU terhadap hutan bakau sekaligus merayakan Hari Mangrove se-Dunia dan mendukung pertemuan G-20.

Ketua PWNU Jawa Barat, K.H Juhadi Muhammad menjelaskan keluarga besar PWNU Jawa Barat turut serta melestarian hutan bakau dan mengajak semua pihak turut mendukungnya.

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Gelar Jumat Berkah Mampang,

"Kami memastikan beberapa kementerian untuk turut membantu upaya pelestarian hutan mangrove oleh masyarakat di sini. Tidak tanggung-tanggung, setidaknya ada 5 kementerian yang sudah kami bawa dan jalin komitmennya untuk penyelenggaraan program-program pendukung pelestarian Mangrove di dua Desa ini," kata Juhadi dalam keterangan tertulisnya pada Selasa (26/7).

Juhadi didampingi Wakil Ketua, KH Rodia Al Farozi, dan Gus Syairin serta KH Nurdin Hidayat, Ketua Lembaga Pengembangan Pertanian (LPP) PWNU Jawa Barat beserta Sekjen LPP PWNU Jawa Barat. Selain itu hadir juga Kiai Mas Gilang Kusuma, dan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kab. Subang, Kiai Satibi.

Bersama LPP PWNU Jawa Barat, pihaknya juga akan mendampingi para petani dan petambak agar bisa memproduksi hasil alam yang bisa disalurkan ke berbagai penjuru dunia melalui Pelabuhan Internasional Patimban.

Baca juga : FKWJ Nusantara Sumut Dukung Sultan Yogya Jadi Capres

"Kami harap pembangunan pelabuhan Patimban nantinya bukan hanya untuk kepentingan pengembangan industri, akan tetapi juga memperhatikan kelestarian alam dan mendukung ekonomi rempah yang kini tengah dijalankan oleh masyarakat NU, khususnya di Kabupaten Subang," jelas Kiai Juhadi.

Sebelumnya digelar penyelenggaraan Fun Bike Cross Country dari Kantor Desa Cilamaya Girang oleh Danlanud Suryadarma Kalijari, Marsekal Pertama TNI Tarjoni.

Acara dilanjutkan dengan sepeda santai yang diikuti oleh 500 pesepeda dari berbagai komunitas, menempuh jalur sepanjang 4 KM menuju Hutan Edukasi Greenthink. 

Baca juga : Partai Perindo DKI Dukung Pembentukan Provinsi Jakarta Raya

 “Kita manfaatkan limbah mangrove, bukan mangrovenya ya! karena kita tetap menjaga kelestarian hutan mangrove itu sendiri. Limbahnya itu buah yang sudah jatuh kita manfaatkan menjadi bahan baku makanan ataupun minuman yang memiliki nilai ekonomi,” ujar Danrem 063, Kolonel Inf Dany Rakca yang ikut hadir.
 
Acara ditutup dengan penanaman mangrove dan dilanjutkan dengan wisata hutan mangrove menggunakan 6 perahu hias menuju sungai gangga Desa Rawameneng dan dan penandatangan MoU komitmen pelestarian mangrove oleh berbagai pihak.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.