Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dokter Forensik Minta Masyarakat Sabar Soal Kasus Brigadir J, Jangan Berasumsi

Selasa, 26 Juli 2022 16:36 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Koordinator Bidang Etika dan Profesi Dewan Etika Persatuan Dokter Forensik Indonesia (PDFI) dr Yulia Budiningsih meminta masyarakat bersabar terkait penyidikan kasus kematian Brigadir J. Masyarakat diminta tidak berasumsi.

"Kalau pekerjaan forensik itu kan pemeriksaan apa yang dilihat faktanya apa, kemudian didokumentasikan buat kesimpulan, seperti itu," kata Yulia kepada wartawan di Jakarta Pusat, Selasa (26/7).

Baca juga : Pakar Nilai, Kasus Brigadir J Bukan Pembunuhan Berencana

Yulia menyayangkan banyaknya pemberitaan yang cenderung berasumsi terkait kematian Brigadir J. Ia juga menyayangkan penggiringan opini mendiskreditkan profesi dokter forensik seolah-olah tidak profesional.

"Tapi sekarang yang bertaburan beritanya tentang asumsi, pemeriksaannya seolah-olah tidak sesuai, tidak profesional, itu yang saya sayangkan. Jadi maksudnya, saya mengimbau kepada masyarakat bersabar," jelas Yulia.

Baca juga : Presiden Minta Polri Usut Tuntas, Buka Apa Adanya Kasus Brigadir J

Sebagai dokter spesialis forensik, Yulia merasa tidak nyaman dengan asumsi-asumsi yang dibuat sekelompok pihak tertentu.

"Jadi jangan suasana jadi ndak enak dan kami sebagai dokter forensik itu merasa jadi tidak nyaman kerjanya, karena sudah ada suudzon duluan, sudah ada prasangka duluan," tuturnya.

Baca juga : Moeldoko Minta Komnas HAM Selidiki Kasus Serangan KKB Di Nduga Papua

Sekali lagi, Yulia meminta masyarakat bersabar. Yulia mengatakan fakta soal kematian Brigadir J akan segera diungkap. "Jadi menunggu fakta aja, nanti toh akan dibuka semua hasilnya gitu," tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.