Dark/Light Mode

Semeja Di Kawinan Anaknya Anies

NasDem-Demokrat-PKS Kapan Naik Ke Pelaminan

Minggu, 31 Juli 2022 07:30 WIB
Ketiga elite parpol duduk satu meja pada saat menghadiri resepsi pernikahan putri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Hall Candi Bentar, Putri Duyung Resort, Ancol, Jakarta Utara. (Foto: Twitter @kholidmuhammad).
Ketiga elite parpol duduk satu meja pada saat menghadiri resepsi pernikahan putri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Hall Candi Bentar, Putri Duyung Resort, Ancol, Jakarta Utara. (Foto: Twitter @kholidmuhammad).

 Sebelumnya 
Kata dia, obrolan ketiganya lebih banyak soal hal umum saja seperti tanya kabar dan sebagainya.Soal koalisi, kata dia, komunikasi di antara ketiga partai juga tak pernah putus.

Juru Bicara PKS Muhammad Kholid juga menilai wajar kalau ada yang berharap ketiga parpol ini segera mendeklarasikan koalisi. “Apakah nanti akan berjodoh atau tidak, tunggu saja nanti,” kata Kholid, kemarin.

Baca juga : PKS-NasDem-Demokrat Kapan Jadiannya

Pengamat politik, Jamiluddin Ritonga mengatakan, kehadiran sejumlah pimpinan parpol di pernikahan anak sulung Anies Baswedan ini merupakan indikasi bahwa eks Anies masih diterima mayoritas elit politik nasional. Soal ketiga elite NasDem, Demokrat, dan PKS yang duduk satu meja, kata dia, ini tak lepas dari ketiga parpol yang sedang melakukan penjajakan.

Apalagi NasDem sudah sejak awal mengumumkan salah satu capres yang akan diusung di pilpres mendatang adalah Anies Baswedan. Menurut dia, ketiga petinggi parpol ini pun memanfaatkan momen pernikahan Mutiara untuk menunjukan kebersamaannya dengan Anies Baswedan. Dalam komunikasi politik, ini bisa diartikan pesan bahwa Anies menjadi bagian dari mereka. “Kehadiran mereka menjadi bentuk dukungan kebersamaan menuju Pilpres 2024,” kata Jamiluddin, kemarin.

Baca juga : NasDem Dorong Peningkatan Kualitas Pendidikan Dan Kesehatan

Kapan ketiga parpol ini akan naik pelaminan? Pengamat Politik Dedi Kurnia Syah menilai, ketiga parpol ini terlihat sudah cocok. Ketiganya sama-sama ingin mengusung capres di luar parpol yang dominan saat ini. Soal naik pelaminan, dia bilang sulit untuk ditentukan dalam waktu dekat. Politik masih dinamis. “Sepanjang PDIP belum secara resmi mengumamkan akan maju bersama koalisi atau tidak, bisa dipastikan poros ketiga belum akan muncul,” katanya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.