Dark/Light Mode

Pemilih Prabowo Cenderung Tak Puas

Jokowi Memuaskan Di Mata Pemilihnya

Senin, 1 Agustus 2022 07:58 WIB
Presiden Jokowi menyapa para pendukungnya saat kampanye Pilpres 2019. (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi menyapa para pendukungnya saat kampanye Pilpres 2019. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Yang unik dari para pemilih Partai Demokrat. Meskipun elitnya kerap berseberangan dengan Pemerintah, basis pemilihnya justru puas terhadap kinerja Jokowi. Angkanya mencapai 52,1 persen. Sedangkan para pemilih PKS yang menyatakan puas terhadap kinerja Jokowi sebesar 49,3 persen.

Terdapat beberapa alasan dominan responden mengaku puas atas kinerja Jokowi. Di antaranya, karena pembangunan infrastruktur seperti jalan dan jembatan, kemudian memberi bantuan pada rakyat kecil, hingga dinilai mampu menangani pandemi Covid-19.

Baca juga : Gerindra Dan PKB Tetap Berkibar

"Yang tidak puas karena alasan kebutuhan harga pokok yang meningkat, gagal menangani minyak goreng, bantuan tidak merata, dan lainnya," papar Burhan.

Survei ini dilakukan dilakukan dalam rentang 9-12 Juli 2022. Metodenya menggunakan kontak telepon. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD) terhadap 1.246 responden. Margin of error survei diperkirakan plus minus 2.8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga : Musra Relawan Jokowi Rawan Dicawe-cawe Parpol

Dimintai komentar terkait survei ini, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menilai, survei tersebut menunjukkan secara jelas kuatnya dukungan banteng terhadap Jokowi dalam memperbaiki taraf hidup rakyat akibat pandemi dan ketidakpastian global.

"Ini menunjukkan garis perjuangan yang senapas dan menyatu (antara PDIP dan Presiden Jokowi)," kata Hasto, kepada Rakyat Merdeka, tadi malam.

Baca juga : Bertemu 3 Jam, Andi Gani Bilang Presiden Jokowi Sampaikan Ini Kepada Para Relawan Dan Loyalisnya

Dukungan itu bukan sekadar isapan jempol. Jika dilihat dari data Pemilu 2019, sebutnya, juga menunjukkan hal yang sama. "Bagaimana daerah tempat PDIP menang pasti Pak Jokowi juga menang. Persentase kemenangan kepala daerah dari PDIP yang memenangkan Pak Jokowi juga paling tinggi," terangnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.