Dewan Pers

Dark/Light Mode

Sejahterakan Nelayan Jateng lewat Asuransi-Distribusi Solar

Ganjar Didukung Nelayan Kampung Solo Pangkep

Kamis, 4 Agustus 2022 14:44 WIB
Ratusan nelayan Sulawesi Selatan deklarasi mendukung Ganjar Pranowo Presiden 2024, di Kampung Solo, Kecamatan Pangkajene, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulsel, Kamis (4/8). (Foto: Istimewa)
Ratusan nelayan Sulawesi Selatan deklarasi mendukung Ganjar Pranowo Presiden 2024, di Kampung Solo, Kecamatan Pangkajene, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulsel, Kamis (4/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gerakan Kelompok Nelayan Pesisir Sulsel dalam menyuarakkan Ganjar Pranowo Presiden 2024 kini semakin meluas. Kali ini, mereka melebarkan sayapnya di Kampung Solo, Kecamatan Pangkajene, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan karena menginginkan kesejahteraan nelayan di bawah kepemimpinan Ganjar.

Dukungan kaum nelayan ini tak terlepas dari jejak rekam Ganjar Pranowo yang dikenal begitu peduli kepada nelayan melalui berbagai kebijakan yang mampu memperbaiki kesejahteraan nelayan.

Sekretaris Wilayah Kelompok Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan, Fikar Gie mengatakan, momen ini merupakan bagian dari rangkaian sosialisasi regulasi dan pembentukan Kelompok Nelayan Pesisir Sulsel yang sepakat membawa aspirasi Ganjar Pranowo Presiden 2024.

Pembentukan perkumpulan nelayan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan gotong royong, mendongkrak pendapatan, dan menjadi wadah untuk memecahkan masalah nelayan.

Berita Terkait : Orang Miskin Tepuk Tangan

"Pembentukan kelompok nelayan sudah dilakukan di beberapa kabupaten, yang pertama Kabupaten Bantaeng, Jeneponto, Talakar, Gowa, Kota Makassar, Maros dan ini yang baru terbentuk hari ini di Kabupaten Pangkep. Kami ingin bapak Ganjar Pranowo maju sebagai Presiden kita," kata Fikar di lokasi, Kamis (4/8).

Menurut Fikar, para nelayan di Kampung Solo, Pangkep ini merasa cocok dengan  kepemimpinan pria  berambut putih tersebut. Terutama, selama memimpin Jateng sebagai Gubernur, Ganjar telah membuktikan kepeduliannya kepada nasib dan kesejahteraan nelayan. Misalnya dengan program asuransi kecelakaan, baik kecelakaan di laut maupun di darat.

Bahkan, hingga kini tidak kurang dari 10 ribu nelayan se-Jawa Tengah sudah tercover oleh Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN) dari Gubernur Jawa Tengah.

"Sosok Pak Ganjar Pranowo, dia seorang laki-laki yang tangguh dan berkharisma. Harapan kami sebagai komunitas nelayan pesisir pantai agar bapak Ganjar Pranowo maju dan terpilih sebagai Presiden RI periode 2024-2029," tegas Fikar.

Berita Terkait : Sejahterakan Nelayan, Ganjar Beri Asuransi Dan Prioritaskan Distribusi Solar untuk Nelayan

Fikar berkomitmen, akan terus lebih mendekatkan figur Ganjar ke daerah-daerah lainnya di Sulsel. Sehingga, aspirasi Ganjar Presiden 2024 dapat terwujud.

"Ke depan kami akan berkeliling Sulsel untuk membentuk komunitas-komunitas lainnya, komunitas nelayan dan insya Allah kami akan blusukan ke semua kabupaten di Sulsel," tutup Fikar.

Senada, salah satu nelayan asal Kampung Solo, Wahyu (28) mengapresiasi langkah Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel dalam menjaring dukungan dan animo masyarakat setempat. Salah satunya melalui bantuan yang diberikan.

"Kita berterima kasih kepada temen-temen khususnya Komunitas Nelayan Pesisir bagaimana memperhatikan masyarakat pesisir khususnya kampung nelayan, Kampung Solo. Semoga bisa terus diperhatikan masyarakat pesisir," terang Wahyu.

Berita Terkait : KKP Janji Dukung Cold Storage

Menurut Wahyu, Ganjar adalah figur pemimpin yang dibutuhkan masyarakat Indonesia di era mendatang. Kepeduliannya terhadap masyarakat bisa dilihat sejak Ganjar menjabat sebagai anggota legislatif maupun eksekutif daerah di Jawa Tengah.

"Menurut saya Pak Ganjar itu beliau telah dikenal pemimpin yang amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif. Pak Ganjar maju terus!" kata Wahyu.

Di lokasi yang sama, tokoh masyarakat Kampung Solo, Aji Sahabuddi (39) mengaku selalu mengikuti rekam jejak Ganjar Pranowo melalui berbagai media. Kecintaan seluruh elemen masyarakat kepada Ganjar lanjut Aji, disebabkan sikapnya yang merakyat.

"Gaya kepemimpinannya sama seperti pak Jokowi, dia merakyat dan masyarakat banyak yang suka. Kita minta di sini warga nelayan bagaimana kesejahteraan bisa meningkatkan dan alat tangkapnya supaya bisa dibantu," jelas Aji. ■