Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lestarikan Tulisan Jawa, PANDI Dukung Kampung Aksara Pacibita Di Yogyakarta

Senin, 17 Januari 2022 10:55 WIB
Kampung Aksara Pacibita yang terletak di daerah Piyungan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. (Foto : Ist)
Kampung Aksara Pacibita yang terletak di daerah Piyungan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) dan Komunitas Kampung Pacibita mengembangkan Kampung Aksara Pacibita yang terletak di daerah Piyungan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Disbud DIY), PANDI membuat acara Seremoni Kampung Aksara Pacibita yang digelar pada Jumat (14/1).

Ketua Komunitas Aksara Pacibita Sukadi mengatakan, tujuan dibuatnya Kampung Aksara untuk mengenalkan kembali pada masyarakat yang selama ini sudah banyak melupakan bahkan tidak mengenali Aksara mereka sendiri. 

"Kami ingin masyarakat memahami betapa pentingnya aksara ini, karena aksara jawa adalah jati diri masyarakat jawa itu sendiri, sehingga kepercayaan diri masyarakat jawa bisa tumbuh dan bangga untuk menggunakan dan melazimkan aksara jawa dalam kehidupan kaum melenial maupun masyarakat biasa. Sehingga orang jawa tidak hilang jawanya dan bisa hamemayu hayuning bawono," kata Sukadi. 

Baca juga : Resmikan Pelatwil Di Medan, Agung Firman Harap PBSI Cetak Atlet Berpretasi

Selain itu, Sukadi juga sangat berterimakasih kepada PANDI yang telah memberikan dukungan moril dan materil, untuk bisa bersama-sama memajukan dan melestarikan Aksara Jawa melalui Kampung Aksara Pacibita. 

"Kami bangga dan senang dengan dukungan dari PANDI, karenai hal ini merupakan perjuangan yang mulia dan tidak mudah. Oleh karena itu diperlukan bantuan dan dukungan dari banyak pihak. Harapan kami kedepan adalah bisa melestarikan aksara jawa, masyarakat bisa dan mampu  menggunakan aksara jawa secara konvensional dan dalam dunia digital," tambah Sukadi.

Akhmad Fikri, selaku inisiator Komunitas Kampung Aksara Pacibita menceritakan awal mula pembuatan Kampung Aksara dan penamaannya. Pacibita merupakan akronim dari Payak Cilik Bintaran Wetan. Karena di lokasi tersebut juga terdapat Situs Payak yang merupakan situs arkeologi yang dibangun pada abad ke-9.

“Nama Pacibita merupakan gabungan dari 2 Pedukuhan Srimulyo, karena kebetulan lokasi dimana Situs Payak itu berada adanya di Bintaran Wetan, tapi namanya Situs Payak maka kemudian dinamakan Pacibita,” beber Fikri.

Baca juga : Pastikan Aman Dan Efektif, Pemerintah Ajak Masyarakat Vaksinasi Booster

Lebih lanjut Fikri menjelaskan awal mula gagasan untuk mendirikan Kampung Aksara muncul pada tahun 2019. Pada saat itu masih sebuah gagasan.

Fikri berinisiatif memulai kegiatan Kampung Aksara dari pemasangan papan nama beraksara Jawa sebanyak 150 rumah di 2 RT dan Pedukuhan dengan biaya sendiri.

“Kebetulan saya saat itu menjadi panitia Kongres Aksara Jawa. Saya mencoba untuk membuat gerakan Buletin Jumat yang disebarkan setiap Jumat, sebuah produk terkait kelaziman Aksara Jawa, juga saya sebarkan di tengah Kongres Aksara Jawa di bulan Maret 2021. Sementara Akhir tahun 2019, kita tempel papan nama beraksara jawa dalam rangka sosialisasi,” kenang Fikri.

Sementara itu, Yudho Giri Sucahyo Ketua PANDI yang juga menghadiri acara Seremoni Kampung Aksara secara langsung mengaku senang atas inisiasi kerjasama tersebut. Dirinya berharap Kampung Aksara bisa menjadi pemicu agar daerah lain bisa melakukan hal serupa. 

Baca juga : Dibeberkan Wagub DKI, Hari Ini Ada 90 Kasus Baru Omicron Di Jakarta

"Tentunya kita berharap dengan adanya kerjasama ini merupakan langkah awal yang bagus. Kampung Aksara Pacibita selain bisa belajar tentang Aksara Jawa, lokasinya pun dekat dengan Situs Payak. Jadi dari sisi edukasinya ada, sisi wisata nya pun dapat," ungkap Yudho. 

Menurutnya PANDI hanyalah merupakan bagian kecil dari terwujudnya Kampung Aksara yang sudah dimulai sejak tahun 2019 silam.

"Tentunya ada peran serta Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul, Pemerintah Provinsi DIY yang selalu aktif dalam melestarikan Aksara Jawa. Mari kita promosikan habis-habisan bersama-sama Kampung Aksara Pacibita ini," pungkas Yudho. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.