Dewan Pers

Dark/Light Mode

Pendaftaran Masuk Hari Ke-7, KPU Sebut Parpol Gembira

Minggu, 7 Agustus 2022 20:27 WIB
Ketua KPU Hasyim Asyari (kanan) bersama Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta. (Foto: Dok. KPU)
Ketua KPU Hasyim Asyari (kanan) bersama Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta. (Foto: Dok. KPU)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tahapan pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024 telah memasuki hari ketujuh pada Minggu (7/8). Sesuai jadwal tahapan, KPU membuka kegiatan pendaftaran parpol sejak 1 Agustus hingga 14 Agustus 2022. Partai politik yang hadir untuk mendaftar pada hari ini mengapresiasi KPU yang memulai pendaftaran dengan pengisian Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL), teknologi yang mengubah cara dan akan memengaruhi kehidupan orang banyak, khususnya Pemilu 2024.

Pada hari ketujuh, hadir mendaftar Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora). Sekjen KPU Bernad Dermawan Sutrisno menyambut Ketua Umum dan Sekjen Partai Gelora bersama delegasi parpol yang hadir. Kemudian delegasi parpol diantar menuju Ruang Rapat Utama di lantai 2 Gedung KPU untuk menyerahkan dokumen pendaftaran, surat pendaftaran, dan dokumen persyaratan lainnya.

Di Ruang Rapat Utama lantai 2 Gedung KPU, Ketua KPU Hasyim Asyari didampingi Anggota KPU Betty Epsilon Idroos, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, August Mellaz, Mochammad Afifuddin, dan Idham Holik, bersama Tim Teknis Pendaftaran parpol KPU menunggu delegasi parpol dan siap untuk menerima dokumen pendaftaran parpol tersebut. Sebelum menyerahkan dokumen parpol, KPU memutarkan mars Partai Gelora untuk dinyanyikan delegasi yang hadir.

Berita Terkait : Duit Pemilu Masih Kurang

Dalam sambutannya, Hasyim mengatakan, ketentuan pendaftaran partai politik adalah menyerahkan surat pendaftaran dan dokumen persyaratan secara lengkap. “Hanya satu kategorinya, yakni lengkap atau tidak lengkap. Jadi sekarang belum sampai pada penilaian apakah dokumennya sudah benar atau sah, tetapi baru pada tingkat lengkap atau tidak lengkap,” jelas Hasyim, seperti keterangan Humas KPU.

Jika dokumen dinyatakan lengkap, KPU menerbitkan berita acara yang menyatakan bahwa dokumen lengkap dan parpol tersebut dinyatakan didaftar dan selanjutnya masuk ke tahap verifikasi administrasi. Sebaliknya, jika belum lengkap, masih diberi kesempatan sampai 14 Agustus 2022 pukul 23.59 WIB. Jika pada batas hari dan tanggal yang ditentukan belum dapat memenuhi, berita acara yang diterbitkan adalah dokumen tidak lengkap dan dinyatakan tidak didaftar.

Anggota KPU Mochammad Afifuddin menyatakan, sejak hari pertama penerimaan pendaftaran, tampak ada kegembiraan dan kemeriahan di depan Kantor KPU, namun masih tetap terkendali. “Partai Gelora adalah partai ke-14 yang mendaftar. Kami berharap proses-proses tahapan pemilu ini akan kita jalankan dengan situasi yang menggembirakan menyenangkan tanpa melanggar aturan,” kata Afif.

Berita Terkait : 99 Group Raih Pendanaan Untuk Ekspansi Ke Pasar Asia Tenggara

Dia melanjutkan, KPU akan memastikan seluruh proses pendaftaran terhadap semua parpol dilakukan dalam posisi yang setara, gembira, dan tidak dibeda-bedakan, mulai hari pertama pada 1 Agustus hingga hari terakhir pada 14 Agustus 2022.

Afif menerangkan, ada 17 dari 41 parpol yang telah memiliki akun SIPOL dan belum hadir untuk mendaftar ke KPU. Terhadap parpol yang belum hadir mendaftar, Afif memastikan KPU akan memberikan perlakuan yang sama dengan parpol yang sudah hadir mendaftar sebelumnya.

“Kami juga melihat rekam IT, progres input SIPOL yang dilakukan masing-masing parpol. Untuk parpol yang sedang berupaya keras menginput data, jika ada hal yang ingin ditanyakan atau diperbaiki, Tim Helpdesk akan dengan sangat terbuka membantu teman-teman parpol,” jelas Afif.

Berita Terkait : Mendesak, Hijrah Narasi Dari Kebencian Ke Perdamaian

Dia menegaskan, KPU sangat terbuka dalam melayani semua parpol dengan harapan proses pendaftaran sampai 14 Agustus 2022 benar-benar berjalan lancar dan tidak ada kendala. Terakhir, Afif mengingatkan para pemilih, aktivis partai, pemantau pemilu, dan seluruh stakeholder bahwa tahap pendaftaran, verifikasi, dan penetapan parpol calon peserta Pemilu 2024 adalah tahap yang penting untuk menentukan parpol yang akan mengikuti Pemilu 2024.

“Jajaran KPU siap 24 jam menerima dan memfasilitasi, sesuai tagline KPU melayani. Atas nama KPU, kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi dalam bentuk menyaksikan YouTube. Semoga partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024 semakin baik dan semakin tinggi, juga kegembiraan yang tercipta dalam proses akan kita lalui sampai tahun 2024 nanti,” tutupnya.

Berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan Tim Verifikasi Administrasi KPU terhadap Partai Gelora yang mendaftar sebagai partai politik calon peserta Pemilu 2024, pukul 10.50 WIB, KPU menyatakan dokumen persyaratan lengkap dan parpol bersangkutan dinyatakan didaftar.■