Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Kekayaan Irjen Ferdy Sambo Disorot Netizen

Mobil Mewah Berderet Parkir Di Garasi Rumah

Senin, 15 Agustus 2022 07:05 WIB
Penampakan mobil mewah yang diparkir di garasi rumah Irjen Ferdy Sambo. (Foto: Screenshot 20detik).
Penampakan mobil mewah yang diparkir di garasi rumah Irjen Ferdy Sambo. (Foto: Screenshot 20detik).

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo terus menjadi sorotan pasca-tewasnya Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Termasuk soal kekayaan Sambo.

Kekayaan mantan ketua Satgasus Merah Putih tersebut tersorot setelah beredarnya video rekaman CCTV yang bertalian dengan rentetan aktivitas Brigadir J sebelum tewas.

Dalam rekaman CCTV itu, terlihat beberapa mobil yang terparkir di garasi rumah Ferdy Sambo. Di garasi itu ada dua SUV mewah terparkir.

Pertama, SUV berkelir hitam. Dilihat dari bodinya, SUV gagah itu berjenis Land Cruiser. Hanya saja detailnya sulit diketahui jelas.

Baca juga : Pasca Irjen Sambo Ditahan, AKP Rita Sudah Berani Main Medsos

Mobil mewah lainnya, MPV yang sebelumnya membawa rombongan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi dari Magelang. MPV mewah dengan kelir warna silver itu adalah Lexus NX300 F-Sport.

Mobil buatan Jepang itu memang identik dengan konglomerat dan pejabat tinggi Indonesia. Untuk pasar Indonesia, mobil dengan pelat B 77 SAM dibekali mesin 3.500 cc dengan transmisi otomatis Direct Shift 8-AT, dibanderol dengan harga di kisaran Rp 1 miliar.

Namun, tidak diketahui dengan pasti siapa pemilik mobil-mobil tersebut. Pasalnya, nama Ferdy Sambo belum terdaftar dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Padahal, sebagai perwira tinggi Polri dengan dua bintang di pundaknya, seharusnya Ferdy Sambo sudah melaporkan harta kekayaan ke KPK. Ketentuan tersebut diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 tahun 1999. Tetapi hasilnya nihil.

Baca juga : Ferdy Sambo Ikut Tembak Brigadir J? Kapolri: Masih Didalami

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati Kuding mengatakan, KPK telah menerima LHKPN atas nama Ferdy Sambo untuk tahun pelaporan 2021. Namun, ada dokumen yang masih harus dilengkapi. “Sehingga belum dapat dipublikasikan di situs e-lhkpn,” kata Ipi.

Netizen heran dengan kekayaan Ferdy Sambo yang mempunyai beberapa mobil mewah, tapi tidak terdaftar di LHKPN KPK.

Menurut akun @GloryaPasaribu, masyarakat dibuat takjub dengan 3 rumah Ferdy Sambo di Jakarta Selatan (Jaksel). Ditambah lagi, dengan mobil mewah dengan pelat khusus. “Koleksi mobil mewahnya ngeri,” katanya.

Menurut @Daggerdast, kekayaan Ferdy Sambo terlalu menyolok mata. Bagaimana bisa seorang pati Polri bisa memiliki 2 mobil mewah di garasinya.

Baca juga : Ferdy Sambo Ditetapkan Sebagai Tersangka

“Mantap juga ya kalau jadi perwira tinggi (Pati) Polri, bisa kaya seperti Ferdy Sambo,” sahut @Watowager.

Akun @Elleanor12 menyambung. Dia bilang, saat ulang tahun (ultah) adiknya Brigadir Yosua di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo, waktu bawa roti tart tampak mobil mewahnya 4 buah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.