Dark/Light Mode

Penghargaan IRRI dan Sorgum Sebagai Pengganti Gandum

Senin, 15 Agustus 2022 09:21 WIB
Presiden Jokowi menerima penghargaan Certificate of Acknowledgement dari Direktur Jenderal IRRI Jean Balie, di Istana Negara, Minggu (14/8). (Foto: Setpres)
Presiden Jokowi menerima penghargaan Certificate of Acknowledgement dari Direktur Jenderal IRRI Jean Balie, di Istana Negara, Minggu (14/8). (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selama tiga tahun berturut-turut, Indonesia sukses swasembada beras. Kesuksesan ini pun diganjar penghargaan Certificate of Acknowledgement oleh Internasional Rice International Rice Research Institute (IRRI).

Prosesi penyerahan penghargaan itu, dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Minggu (14/8). Penghargaan diserahkan langsung Direktur Jenderal IRRI Jean Balie ke Presiden Jokowi. Di acara itu, hadir pula Representasi Organisasi Pangan Dunia (Food and Agricultural Organization/FAO) untuk Indonesia dan Timor Leste, Rajendra Aryal. Di acara itu, Jokowi didampingi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Seskab Pramono Anung, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, serta perwakilan petani.

Baca juga : Moeldoko : Negara Tidak Boleh Takut Hadapi Persaingan Global

Kesuksesan Indonesia meraih penghargaan dari IRRI ini disambut gembira pemerhati pertanian Irma Suryani Chaniago. "Artinya, mereka memberikan apresiasi bahwa Indonesia mampu menjaga ketahanan pangannya. Dengan kata lain, Indonesia kembali mampu melakukan swasembada pangan," ucap anggota DPR dari daerah pemilihan Sumatera Selatan II ini, Senin (15/8).

Keberhasilan tersebut, lanjutnya, tidak lepas dari kerja keras Kementerian Pertanian yang dikomandoi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo atas petunjuk Presiden Jokowi dalam peningkatan produksi beras dan bahan pangan lain. "Tidak berkebihan menurut saya jika IRRI memberikan penghargaan ini. Karena di saat pendemi pun, Kementerian Pertanian merupakan salah satu yang mampu menjaga pertumbuhan," imbuhnya.

Baca juga : Sektor Migas Primadonanya

Mantan Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019 ini menambahkan, dirinya memberikan apresiasi tinggi kepada Menteri Pertanian dan jajarannya yang terus berusaha keras meningkatkan ketahanan pangan nasional. Mulai dari food estate sampai pada menggalakkan sorgum sebagai bahan pengganti gandum.

"Ketergantungan kita pada impor gandum ini sudah masuk fase mengkhawatirkan. Begitu besar devisa negara kita yang tersedot untuk itu. Oleh karena itu, menurut saya, sudah tepat Mentan menggalakkan penanaman sorgum sebagai bahan pengganti gandum," tutupnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.