Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kementerian ATR Bangun Digital Contact Centre Pengaduan Tanah

Rabu, 20 Juli 2022 23:26 WIB
Wamen ATR/BPN, Raja Juli Antoni dalam Workshop Design Thinking Pengelolaan Pengaduan di Gedung Telkom Jakarta Selatan, Selasa (19/7).
Wamen ATR/BPN, Raja Juli Antoni dalam Workshop Design Thinking Pengelolaan Pengaduan di Gedung Telkom Jakarta Selatan, Selasa (19/7).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) bersama PT Telkom Indonesia akan membangun digital contact centre untuk mengelola pengaduan masyarakat sekaligus meningkatkan pelayanan. 

"Kementerian ATR komitmen meningkatkan layanan kepada masyarakat dengan membangun contact centre pengaduan tanah ," ujar Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Raja Juli Antoni dikutip dalam keterangannyam  Selasa (19/7).

Antoni menuturkan, di samping meningkatkan layanan kepada masyarakat, digitalisasi memiliki manfaat lain, yaitu agar terhindar dari praktik pungutan liar (pungli). 

Baca juga : Mega Waswas

"Dengan digitalisasi tentunya dapat memutus rangkaian di mana perlambatan terjadi, face to face meeting yang memungkinkan terjadi pungli itu tidak terjadi. Sehingga layanan masyarakat meningkat, juga menjadi efektif dan efisien," terangnya.

Pada intinya, Wamen ATR menginginkan Kementeriannya lebih terbuka kepada masyarakat. Bukan menjadi institusi yang defensif, anti kritik, dan anti evaluasi, tapi justru lebih membuka diri ke masyarakat sehingga tercipta satu citra positif di mata masyarakat. 

"Oleh sebab itu, kami datang ke Telkom untuk belajar, mencari solusi bagaimana meningkatkan layanan pengaduan masyarakat dengan memanfaatkan digitalisasi," ucapnya.

Baca juga : Mendag Ajak GoTo Dukung Digitalisasi Sejuta Pedagang Seribu Warung

Sejatinya, Kementerian ATR/BPN telah menyediakan beberapa sarana dan prasarananya. 

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati memaparkan, telah tersedia wadah, yaitu di antaranya SP4N LAPOR!, [email protected], bit.ly/HotlinePelayananPertanahan, loket penerimaan surat, dan ruang pengaduan masyarakat yang bisa didatangi langsung di kantor Kementerian ATR/BPN maupun di Kantor Wilayah BPN Provinsi dan Kantor Pertanahan di masing-masing kabupaten/kota. 

"Masyarakat sudah bisa mengakses pengaduan melalui beberapa platform tersebut. Pengaduan merupakan bagian dari terbentuknya citra baik kementerian, untuk itu kita ingin memberikan kenyamanan kepada masyarakat dalam memberikan informasi yang dibutuhkan," ujar Yulia.

Baca juga : Menteri Hadi Ingatkan PPAT Tidak Terlibat Mafia Tanah

Sementara, Deputy Executive Vice President Digital Technology and Platform Business Telkom, Ery Punta Hendraswara memperkenalkan konsep design thinking, di mana Kementerian AT harus melihat bahwa satu layanan harus diangkat dari multi perspektif, salah satunya perspektif, yaitu memberikan pengalaman terbaik kepada masyarakat.

“Telkom memperkenalkan kepada jajaran Kementerian ATR/BPN sebuah digital contact centre bernama Omni Communication Assistant OCA. Layanan ini sebagai wadah yang berfungsi untuk menampung dan memproses pengaduan masyarakat, serta melakukan komunikasi dua arah dalam memberikan informasi kepada masyarakat,” pungkanya.■ . 
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.