Dark/Light Mode

HUT RI Ke 77 Tahun

Wasekjen DPP KNPI Ajak Pemuda Kembalikan Kejayaan Maritim Indonesia

Selasa, 16 Agustus 2022 13:00 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

 Sebelumnya 
Apalagi kata Hakeng, saat ini selain Republik Indonesia berusia 77 tahun, tapi juga sekaligus sedang memegang tampuk Presidensi G20.

Dalam laman www.g20-insights.org, juga disebutkan bahwa G20 merupakan ajang yang harus menginisiasi tata kelola kelautan, serta memastikan adanya dialog, strategi, dan kerja sama regional di bidang terkait.

"Jadi, peran pemuda di sini harusnya dapat dimaksimalkan dalam mengelola sumber daya kelautan tersebut," harapnya.

Baca juga : Meriahkan HUT RI ke 77, Pondok Indah Mall Kembali Hadirkan Pasar Nusantara

Ia pun menegaskan, pernyataan Presiden Jokowi juga jelas bahwa Presidensi G20 Indonesia akan mengangkat mengenai pentingnya ekonomi biru, karbon biru, dan juga penanganan sampah laut.

"Para pemuda bisa diajak berperan menangani persoalan marine debris atau sampah laut. Harus bisa digaungkan bahwa Laut tidak boleh lagi dijadikan lokasi pembuangan sampah, baik dari rumah tangga ataupun pabrik. Laut merupakan sumber pangan masa depan rakyat indonesia," katanya.

Tantangan lain yang dihadapi para pemuda adalah persoalan kedaulatan maritim, Indonesia sejak Deklarasi Djuanda pada 1957 sudah menegaskan bahwa wilayah laut di kepulauan nusantara merupakan kedaulatan mutlak Indonesia.

Baca juga : Sukarelawan Australia Kembali Ke Indonesia

"Oleh karena itu, saya berharap pemuda bisa ikut serta untuk mewujudkan kembali kedaulatan Indonesia atas wilayah lautnya," tegasnya.

Ia juga menilai, potensi untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat melalui pemanfaatan dan pemberdayaan ekonomi di sepanjang pesisir pantai juga penting. Dan di sini kata dia, letak peran strategis para pemuda yang dekat dengan pesisir pantai tersebut.

Di mana mereka diharapkan mampu berperan aktif menjadi bagian roda penggerak ekonomi dalam bidang kemaritiman.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.