Dark/Light Mode

Kunjungi Habib Rizieq

Subur Sembiring Cs Diminta Jaga Persatuan NKRI

Jumat, 19 Agustus 2022 11:33 WIB
Sejumlah perwakilan raja Nusantara seperti Raja Besar Suku Bangsa Karo Subur Sembiring bersilaturahmi ke kediaman Habib Rizieq Shihab, Petamburan, Jakarta Selatan, Kamis (18/8). (Foto: Istimewa)
Sejumlah perwakilan raja Nusantara seperti Raja Besar Suku Bangsa Karo Subur Sembiring bersilaturahmi ke kediaman Habib Rizieq Shihab, Petamburan, Jakarta Selatan, Kamis (18/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Paduka Yang Mulia (PYM) Raja Besar Suku Bangsa Karo Subur Sembiring bersilaturahmi ke kediaman Habib Rizieq Shihab, Petamburan, Jakarta Selatan, Kamis (18/8).

Atas undangan dari Ratu Bagus Abi Al Madani Pemangku Adat Jayakarta, para Raja dan Sultan dapat melakukan pertemuan ini.

"Silaturahmi berjalan dengan sangat menyejukkan," ujar Subur, kepada RM.id, Jumat (19/8).

Ketua Umum (Ketum) Forum Komunikasi Lintas Pendiri Deklarator Kader (FKLPDK) itu menceritakan, pertemuan tersebut berbicara tentang persoalan umat dan kebangsaan. Termasuk, mengapresiasi Raja dan Sultan se-Nusantara membantu Pemerintah mewujudkan negara adil, aman dan makmur.

Baca juga : Kunjungi Kalbar, Kemendagri Dorong Percepatan Realisasi Anggaran

Subur mengenang analogi dari Habib Rizieq ihwal perjuangan para Raja dan Sultan untuk Indonesia. Diceritakannya, tidak ada NKRI tanpa adanya dukungan para Raja dan Sultan serta penyerahan kewenangan kepada Soekarno menjadi Presiden Indonesia.

Keikhlasan para Raja dan Sultan se-Nusantara untuk menyerahkan tanah dan wilayahnya inilah yang kemudian menjadi cikal Indonesia. Termasuk, menyumbangkan hartanya untuk membangun NKRI kepada Presiden Soekarno.

"Oleh karenanya para pemimpin Republik ini harus ingat akan jasa para Raja dan Sultan se-Nusantara," sebutnya.

Subur juga menceritakan, dalam pertemuannya dengan Habib Rizieq, menyarankan kepada para Raja dan Sultan untuk membantu jalannya roda Pemerintahan di dua tahun sisa masa jabatan ini.

Baca juga : Ziarah Ke Tuan Guru Haji Sulaiman, Subur Lanjutkan Spirit Persatuan

Diharapkan para Raja dan Sultan bisa menduduki jabatan strategis membantu Presiden Jokowi. "Para Raja dan Sultan dapat dilibatkan agar masa jabatan Presiden 2024 berakhir dengan soft landing," ungkapnya.

Ketua Dewan Pembina Asosiasi Petani Penderes Pinus Indonesia (AP3I) juga berpesan kepada masyarakat untuk terus menjalin persatuan dan kesatuan.

Termasuk, menghormati para Habaib. Baginya, siapapun yang menyakiti para Habaib sama saja menyakiti Rasulullah.

"Saat ini umat Islam diminta untuk senantiasa berdoa agar Bangsa Indonesia selamat dari marabahaya dan bencana," sebutnya.

Baca juga : Subur Sembiring Janji Konsisten Pertahankan NKRI

Menilik begitu banyak peristiwa ujian terhadap Indonesia. Dari mulai pandemi Covid-19, hingga permasalahan sosial dan hukum. Sarannya, masyarakat bersama dengan Presiden maupun DPR, masih ada waktu untuk memperbaiki diri dan melakukan taubatan yang sungguh-sungguh.

Untuk diketahui, kehadiran Subur kali ini didampingi Ketum DPP Pemuda Panca Marga Samsudin Siregar, Waketum I DPP FKLPDK Brigjen TNI Purn. Sutrisno, dan Kanjeng Senopati Surakarta. Pertemuan ini, bertajuk Perjamuan Tamu Agung bersama Habib Rizieq Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta Mempertahankan NKRI dan Menjaga Keharmonisan Bhineka Tunggal Ika. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.