Dark/Light Mode

Puan Safari Politik, Peluang Ganjar Makin Meredup

Kamis, 25 Agustus 2022 15:39 WIB
Ganjar Pranowo dan Puan Maharani. (Foto: Istimewa)
Ganjar Pranowo dan Puan Maharani. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peta koalisi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 semakin cair pasca dimulainya safari politik Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani ke Partai Nasional Demokrat (NasDem), Senin (22/8).

Safari politik yang dilakoni Puan dinilai sebagai branding politik perpanjangan tangan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Menanggapi hal tersebut Analis Politik sekaligus pendiri Indonesia Political Power Ikhwan Arif mengatakan peluang Ganjar Pranowo semakin terjungkal dari bursa Capres PDIP.

Baca juga : Mudahkan Konektivitas, PUPR Kebut Bangun Jalan Lingkar Sepaku IKN

"Sejauh ini nama Puan semakin santer di pusat kekuasaan PDI Perjuangan," ungkap Ikhwan dalam keterangannya, Kamis (25/8).

Ganjar, kata Ikhwan, dinilai hanya Capres pilihan relawan politik, bukan keterwakilan resmi elite PDI Perjuangan. Puan dan Ganjar, keduanya merupakan representasi pilihan politik yang berbeda.

Ganjar Pranowo merupakan capres pilihan politik dari sejumlah relawan politik, polanya dari bawah ke atas atau bottom up. Beda halnya dengan Puan Maharani cenderung merepresentasikan pilihan partai PDIP, polanya dari atas ke bawah atau top down.

Baca juga : Bisnis UMKM dan Perhotelan Di Kaltim Semakin Menggeliat

Keduanya, meskipun berada pada pusat kekuatan elit politik yang sama, tetapi mempunyai dukungan politik yang berbeda untuk maju sebagai capres.

"Jika PDIP menginginkan berkoalisi dengan partai NasDem, tentu jatah cawapres di tangan Ganjar karena PDIP melihat ada nama Ganjar pada Deklarasi nama-nama capres pilihan Nasdem. Sebaliknya jika NasDem maunya Ganjar jadi capres, PDIP akan mencari rekan koalisi lain dengan tawaran yang sama yaitu nama Puan Maharani sebagai capres" jelasnya.

Sebelumnya, PDIP juga berencana melakukan safari politik dengan partai politik koalisi pemerintahan Jokowi yaitu Golkar, PAN, PPP, Gerindra, dan PKB.

Baca juga : Jangan Panik, Jokowi: Penularan Cacar Monyet Bukan Lewat Droplet

Lebih lanjut Ikhwan mengatakan, jika Ganjar Pranowo masih berkeinginan maju sebagai capres di Pilpres 2024, dari sekarang harus menentukan sikap politik dan ketegasan berpolitik.

"Kalau seandainya Ganjar Pranowo berkeinginan maju sebagai Capres 2024, harusnya dari sekarang menentukan sikap politik dan ketegasan berpolitik. Kalau tidak ya semakin terjungkal dari bursa pencapresan partai PDIP," tutupnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.