Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Resmikan Jembatan Ki Marpu Di Pagedangan Udik

Erick Makin Merapat Ke Rakyat

Minggu, 21 Agustus 2022 06:40 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan Jembatan Kimarpu di Pagedangan Udik, Kronjo, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (20/8/2022). (Foto: Dok Kementerian BUMN).
Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan Jembatan Kimarpu di Pagedangan Udik, Kronjo, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (20/8/2022). (Foto: Dok Kementerian BUMN).

RM.id  Rakyat Merdeka - Di akhir pekan, di saat sebagain pejabat memilih rehat, Menteri BUMN, Erick Thohir tetap bekerja. Kemarin, dia meresmikan Jembatan Ki Marpu, di Pagedangan Udik, Kronjo, Kabupaten Tangerang, Banten. Peresmian jembatan itu, disambut antusias warga. Erick pun panen pujian karena beragam aksinya saat ini memperlihatkan makin merapat ke rakyat.

Jembatan sepanjang 37 meter dengan lebar 1,5 meter yang berada di atas Sungai Bentengan ini, adalah akses utama yang menghubungkan Desa Pasilian dan Desa Pagedangan Udik.

Kehadiran jembatan ini untuk melancarkan kegiatan ekonomi masyarakat sekitar. Terutama bagi Desa Pagedangan Udik yang suplai air minumnya, tergantung dari desa tetangga.

Baca juga : Erick Resmikan Jembatan Kimarpu Di Kronjo Tangerang

Menurut Erick, pembangunan jembatan ini adalah wujud kepedulian BUMN atas masalah pendidikan dan pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). “Untuk mendukung kelancaran kegiatan UMKM dan pendidikan, tentu juga harus melihat infrastrukturnya. Jembatan ini dulu terbuat dari bambu, dan sangat rapuh. Membahayakan warga,” tutur Erick.

Banyak kaum ibu di sekitar wilayah tersebut yang memanfaatkan jembatan itu untuk berdagang melintasi desa. Begitu juga dengan anak-anak yang melewati jembatan tersebut untuk pergi sekolah dan mengaji. Sebelum diperbaiki, kondisi jembatan yang terbuat dari bambu itu, sangat mengkhawatirkan. Apalagi, saat hujan tiba.

“Di bawah ada sungai yang juga deras airnya jika hujan. Jadi jembatan ini adalah kebutuhan yang harus dipenuhi untuk melancarkan kegiatan pendidikan dan ekonomi warga,” kata Erick.

Baca juga : Teknologi Maju Pesat, Membangun Parlemen Modern Merupakan Keharusan

Jembatan Ki Marpu, kata Erick, adalah satu dari empat jembatan yang akan dibangun lewat kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN di daerah Banten.

“Semoga pembangunan jembatan ini bisa membantu, bermanfaat dan jadi penghubung kebaikan antar desa,” ujar Erick.

Sejumlah perusahaan BUMN berkolaborasi membantu pembangunan jembatan tersebut. Antara lain PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT Pembangunan Perumahan (PP), Bank Mandiri, Pegadaian, BTN, BNI, Perhutani, Hutama Karya, Pupuk Indonesia, Taspen, Wijaya Karya, Angkasa Pura II, Perumnas, Waskita Karya, Brantas Abipraya, Jasamarga, Airnav Indonesia, IFG, Jamkrindo, Nindya Karya dan Indra Karya.

Baca juga : Pengamat: Jelang Garis Akhir, Jokowi Dan Erick Harus Makin Mahir

Jembatan ini diberi nama Ki Marpu. Karena jembatan ini, awal mulanya dibangun oleh Ki Marpu. Mana, salah satu cucu Ki Marpu, menceritakan, jembatan ini dibangun oleh kakeknya dengan bambu. Ki Marpu, kenang Mana, berpesan jembatan ini harus terus ada meski kondisinya memprihatinkan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.