Dark/Light Mode

Spanduk Ganjar-Zulhas Bertebaran

Keutuhan KIB Mulai Goyah

Minggu, 28 Agustus 2022 06:40 WIB
Zulhas-Ganjar Untuk Indonesia 2024 di Rakernas III, Sabtu (27/8/2022). (Foto: Istimewa).
Zulhas-Ganjar Untuk Indonesia 2024 di Rakernas III, Sabtu (27/8/2022). (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Amanat Nasional (PAN) digelar kemarin. Pada acara itu, muncul spanduk dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan untuk maju jadi pasangan Capres-Cawapres di Pilpres 2024. Hadirnya spanduk itu mulai menggoyahkan keutuhan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bentukan Golkar-PAN-PPP.

Rakernas III PAN digelar di hotel The Ritz-Carlton, SCBD, Jakarta Selatan. PAN tidak mengundang KIB maupun partai lainnya ke rakernasnya. Alasannya, rakernas ini bahas internal partai. Salah satunya membahas dan mengumumkan calon presiden dan calon wakil presiden dari partai berlambang Matahari itu.

Sejak pagi, ribuan kader PAN telah memadati Istora Senayan. Datang dari berbagai wilayah di Indonesia. Mereka kompak mengenakan atribut serba biru. Lengkap dengan membawa bendera dan spanduk bergambar Zulhas-sapaan akrab Zulkifli Hasan-maupun elit PAN yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air.

Baca juga : Gandeng Universitas Jember, EWINDO Gelar Layanan Kesehatan Bagi Petani

Tak lama berselang, Zulhas tiba di lokasi dengan menggunakan mobil listrik. Dia didampingi istrinya, Soraya. Sejumlah elit PAN sudah hadir hadir lebih dulu di lokasi.

Mereka antara lain, Sekjen PAN Eddy Soeparno, Bendahara Umum PAN  Totok Daryanto, Waketum PAN Yandri Susanto, Viva Yoga Mauladi, Umar Halim, Asman Abnur, Ketua Fraksi PAN Saleh Daulay, Ketua BSN PAN Zita Anjani, Ketua BM PAN Sigit Purnomo.

Kegiatan Rakernas PAN ini diawali dengan Bimbingan Teknik (Bimtek) kader. Selain itu juga ada beberapa rapat pleno membahas strategi Pemilu dan nama-nama tokoh capres yang merupakan aspirasi kader akar rumput.

Baca juga : Daftar Bareng Ke KPU, KIB Makin Mesra

Beberapa jam jelang penutupan rakernas, tiba-tiba sekelompok orang yang masih menggunakan atribut PAN membentangkan spanduk bergambar Zulhas yang berdampingan dengan Ganjar. Mereka diketahui relawan Ganjar yang juga merupakan anak buah Zulhas.

“Indonesia bersatu untuk Indonesia maju,” begitu tulisan yang ada di bagian atas spanduk. Kemudian, di tengahnya terdapat tulisan “Zulhas-Ganjar Untuk Indonesia 2024”.

Apakah ini tanda Zulhas mau mencalonkan diri?

Baca juga : Mentan Tinjau Lokasi Pengembangan Kelapa Genjah Di Karanganyar

Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto menampik partainya cuma mendukung Ganjar. Masih banyak tokoh lain yang masuk radar PAN untuk diusung di Pilpres 2024 mendatang. Terlebih dukungan untuk Zulhas menjadi mayoritas pilihan kader.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.