Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kerja Sama Kepemudaan, KNPI Gandeng National Youth Council Of Russia

Minggu, 28 Agustus 2022 23:51 WIB
Wasekjen DPP KNPI Rahman Key (kiri) dan Formatur BP KNPI Federasi Rusia (kanan) Bersama Grigory Petushkov, Ketua National Youth Council of Russia (tengah)  dalam forum pertemuan pemuda internasional National Youth Council of Russia di Kaluzhnaya, Rusia. (Foto: Istimewa)
Wasekjen DPP KNPI Rahman Key (kiri) dan Formatur BP KNPI Federasi Rusia (kanan) Bersama Grigory Petushkov, Ketua National Youth Council of Russia (tengah)  dalam forum pertemuan pemuda internasional National Youth Council of Russia di Kaluzhnaya, Rusia. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Saat ini dunia sedang dihadapkan pada masa-masa yang sangat sulit. beberapa negara besar yang memiliki pengaruh di dunia telah terlibat dalam konflik yang rumit dan memiliki efek domino yang berdampak hingga ke berbagai sektor.

Kuatnya motif politik menjadi tantangan dalam menemukan solusi untuk merubah kondisi dunia pada keadaan yang sepatutnya. Situasi dunia yang kesinambungan dalam hubungan antar bangsa, kesetaraan pembangunan, kerja sama dibidang ekonomi, politik dan budaya, serta tumbuhnya rasa kemanusiaan yang dapat menciptakan perdamaian dunia sebagaimana amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia.

Mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan peran serta pemuda sebagai aset utama bangsa Indonesia untuk turut aktif dalam menjaga dunia pada kondisi yang aman, tenteram dan sejahtera serta berperikemanusiaan.

Apalagi melihat jumlah usia produktif di Indonesia yang menyentuh angka 70 persen dari populasi Indonesia, pemuda menjadi ujung tombak dalam menyelesaikan segala macam masalah di dalam negara Indonesia maupun masalah dunia dengan mengedepankan aspek humanisme dan diplomasi pemuda antar bangsa.

Sesuai pidato Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI), Haris Pertama, pada rapat Pleno, program kerja yang akan menjadi fokus DPP KNPI Periode 2022-2025 bukan hanya dilakukan dalam skala nasional, namun juga dalam skala Internasional.

Baca juga : Berikan Layanan Prima Bagi Peserta, ASABRI Gandeng Pegadaian

Atas dasar sense of crisis terhadap kondisi dunia saat ini, Ketua Umum DPP KNPI memberikan lampu hijau kepada kami selaku Bidang Luar Negeri DPP KNPI, untuk segera membentuk Badan Perwakilan KNPI (BP KNPI) wilayah negara Federasi Rusia dengan mengeluarkan Surat Mandat yang ditandatangani oleh Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal, untuk membentuk kepengurusan BP KNPI Federasi Rusia.

Ketua Umum Haris Pertama juga menugaskan Bidang Luar Negeri untuk menjalin hubungan persahabatan dan kerjasama dengan National Youth Council of Russia untuk memudahkan komunikasi serta diplomasi dalam bidang kepemudaan.

Menyambut arahan Ketua Umum DPP KNPI, Bidang Luar Negeri telah menyusun strategi dalam menciptakan hubungan persahabatan yang erat bagi pemuda antar bangsa dan negara, yang kami namakan “Youth Friendship and Intercultural Diplomacy”.

"Strategi ini dipandang sebagai langkah yang paling tepat untuk mendekatkan hubungan antar bangsa dan negara, dengan mengedepankan aspek pertukaran budaya melalui induk organisasi pemuda antar bangsa dan negara," kata Rahman Key, Wasekjen DPP KNPI.

Selain itu, menyusun beberapa naskah kerjasama pemuda antar bangsa yang nantinya akan mengikat hubungan persahabatan yang erat.

Baca juga : PB Kodrat Siapkan Kepelatihan Nasional Seni Gerak Tarung Derajat 2022

Ketua Bidang Luarnegeri bersama Formatur BP KNPI Rusia, Teguh Imanullah yang juga sebagai Koordinator Dewan Pertimbangan Agung PPI Rusia, menghadiri forum pertemuan pemuda internasional hingga tanggal 26 agustus yang diadakan oleh National Youth Council of Russia di wilayah Kaluzhnaya, sekitar 90km dari kota Moscow, Senin  22 Agustus 2022, KNPI mendapat sambutan hangat oleh Grigory Petushkov, Ketua National Youth Council of Russia, beserta jajaran pengurusnya.

DPP KNPI Bidang Luar Negeri juga telah berkomunikasi perihal kerjasama yang akan dibangun oleh KNPI dan National Youth Council of Russia.

Perjanjian tersebut dibuat dalam bentuk Memorandum of Understanding yang dicetak ke tiga bahasa, yaitu bahasa Rusia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia.

Isi MoU antara lain, memperkuat kerjasama antar organisasi dan negara, mmembangun kapasitas organisasi tentang isu-isu partisipasi masyarakat pemuda dalam proses pembangunan berkelanjutan hingga pertukaran pengalaman dalam bekerja dengan pemuda dan praktik terbaiknya, hingga membuka peluang kerjasama ekonomi di bidang ekspor, impor dan penanaman modal yang dilakukan oleh kedua organisasi.

Hal ini tentunya tak lepas dari kekhawatiran dunia akan pasokan kebutuhan pangan dan bahan-bahan tambang, mengingat Rusia dan Indonesia adalah negara yang kaya dengan hasil Sumber Daya Alamnya (SDA).

Baca juga : Salim Segaf: Wujudkan Kedaulatan Pangan Nasional, PKS Harus Bela Petani Di Desa

Pada tanggal 24 Agustus 2022 telah dilakukan rapat bersama perdana di dekat kota Moscow untuk menindaklanjuti MoU yang akan segera diwujudkan oleh kedua pihak, dari pihak National Youth Council of Russia dipimpin oleh Olga Popova, selaku wakil ketua yang membawahi bidang politik, kerjasama antar lembaga dan luar negeri. Sedangkan dari DPP KNPI dipimpin oleh Wakil Sekretaris Jenderal DPP KNPI Rahman Key.

Dalam kesempatan ini, Olga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada KNPI untuk menjalin persahabatan dan kerjasama organisasi di bidang kepemudaan.

"KNPI akan menjadi mitra pertama dan satu-satunya induk organisasi kepemudaan di wilayah ASEAN yang bekerja sama dengan National Youth Council of Russia (NYCR)," kata Olga.

NYCR juga mengajak Ketua Umum DPP KNPI, Bung Haris Pertama untuk melakukan joint statement dan beberapa kegiatan besar bersama langsung maupun hybird.

Bidang Luar Negeri DPP KNPI juga tidak hanya membentuk BP KNPI Federasi Rusia, tetapi juga membuka peluang ke pemuda Indonesia di negara-negara lain untuk membentuk Badan Perwakilan KNPI sebagai implementasi dari strategi yang kami namakan Youth Friendship and Intercultural Diplomacy. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.