Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PB Kodrat Siapkan Kepelatihan Nasional Seni Gerak Tarung Derajat 2022

Senin, 8 Agustus 2022 20:17 WIB
Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat Bambang Soesatyo (tengah) menerima Sang Guru Rimba Dirgantara Dradjat (kanan). (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat Bambang Soesatyo (tengah) menerima Sang Guru Rimba Dirgantara Dradjat (kanan). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB Kodrat) Bambang Soesatyo bersama Sang Guru Rimba Dirgantara Dradjat mematangkan persiapan Kepelatihan Nasional Seni Gerak Tarung Derajat Tahun 2022. Acara akan diselenggarakan pada 18-20 Agustus 2022, di Perguruan Pusat Tarung Derajat (Kawah Dradjat III), diikuti sekitar 120 pelatih Tarung Derajat dari 25 provinsi.

Kegiatan tersebut juga sebagai persiapan menghadapi PON 2024 di Aceh dan Sumatera Utara. Khususnya dalam menghadapi nomor baru yang dipertandingkan dalam cabang olahraga Tarung Derajat, seperti Gerak Tunggal Putra, Gerak Tunggal Putri, dan Gerak Tarung Putri Berpasangan.

Baca juga : Salim Segaf: Wujudkan Kedaulatan Pangan Nasional, PKS Harus Bela Petani Di Desa

“Kepelatian Nasional ini bisa meningkatkan kemampuan para pelatih dalam melatih para atlet, khususnya terkait teknik seni gerak yang akan dipertandingkan pada PON 2024, sesuai ilmu dan keilmuan dari Perguruan Pusat Tarung Derajat," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, usai menerima Sang Guru Rimba Dirgantara Dradjat, di Jakarta, Senin (8/8).

Ketua MPR ini menjelaskan, Kepelatihan Nasional Seni Gerak Tarung Derajat Tahun 2022 juga sebagai bentuk pembinaan dan pengembangan organisasi Tarung Derajat di pusat dan daerah dalam menghadapi dinamika, hambatan, dan tantangan zaman. Sehingga Tarung Derajat sebagai sebuah seni beladiri tetap mampu bertransformasi menjadi olahraga prestasi dan olahraga pendidikan.

Baca juga : Piala Presiden Esport 2022 Digelar, Talenta Esports Nasional Siap Bertarung

Bamsoet melanjutkan, Tarung Derajat sebagai sebuah institusi pelatihan moral dan mental, juga mengemban tanggung jawab untuk menjaga dan membimbing anggotanya. Terutama para pelatih yang dituntut memiliki kemampuan lebih spesifik dalam melaksanakan program latihan. “Salah satu kemampuan spesifik yang harus dimiliki seorang pelatih yakni mampu mengikuti perkembangan keilmuan dan teknik Tarung Derajat yang bergerak begitu dinamis," jelasnya.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, Kepelatihan Nasional Seni Gerak Tarung Derajat Tahun 2022 juga sebagai ajang silaturahmi untuk mempererat soliditas para pelatih Tarung Derajat dari berbagai daerah. Sehingga bisa semakin memperkuat organisasi Kodrat di pusat dan daerah, dalam memasyarakatkan Tarung Derajat agar bisa lebih dicintai oleh berbagai kalangan masyarakat.

Baca juga : Indonesia Borong Jet Tempur KF-21

Sebagai seni bela diri dan cabang olahraga asli Indonesia, tambahnya, Tarung Derajat harus menjadi tuan rumah di negerinya sendiri. Karena itu, pihaknya mengapresiasi berbagai lembaga negara seperti TNI dan Polri, bahkan juga Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) yang telah memasukan Tarung Derajat sebagai materi beladiri yang wajib dipelajari para anggotanya. “Begitu pun dengan berbagai institusi pendidikan dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi yang telah memasukan Tarung Derajat sebagai kegiatan ekstrakurikuler para peserta didik," pungkas Bamsoet.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.