Dark/Light Mode

Tampil Di Tong-Tong Fair, Pemberdayaan UMKM BRI Sukses Bawa UMKM Go Global

Senin, 5 September 2022 06:50 WIB
Tampil Di Tong-Tong Fair, Pemberdayaan UMKM BRI Sukses Bawa UMKM Go Global

 Sebelumnya 
Strategi Business Matching

Amam menambahkan bahwa perseroan juga melakukan strategi business matching mempertemukan konsumen (buyer) dari mancanegara dengan UMKM lokal. Strategi ini dapat dilihat dari gelaran BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, ajang tahunan BRI untuk mendorong pelaku UMKM binaan BRI go global.

Baca juga : Pertamina Boyong 175 Produk Terbaik UMKM Binaan Go Global

Di tahun lalu, ajang EXPO (RT) BRIlianpreneur mencatatkan transaksi business matching hingga US$ 72,13 juta atau melampaui target perseroan yang telah ditetapkan yang sebesar US$ 65 juta. Adapun sebanyak 110 buyers meramaikan ajang ini yang berasal dari 31 negara, termasuk Amerika Serikat, Uni Eropa, Timur tengah, hingga Australia.

“UMKM lokal memiliki potensi yang sangat besar dengan beragam keunikan serta produk yang disukai oleh berbagai konsumen dari berbagai negara. Untuk itu lah, kami coba berusaha mendampingi agar produk UMKM lokal ini memiliki kualitas terbaik dan selaras dengan kebutuhan pasar,” tambahnya.

Baca juga : IKN Jadi Angin Segar Pelaku UMKM Ekowisata Kaltim

Lebih lanjut, Amam menerangkan BRI berkomitmen untuk terus menyokong aspek permodalan pelaku UMKM. Hingga kuartal II-2022, Portofolio kredit UMKM BRI tercatat tumbuh sebesar 9,81% year on year (YoY) dari Rp 837,82 triliun di akhir Juni 2021 menjadi Rp 920 triliun di akhir Juni 2022.

Hal ini menjadikan proporsi kredit UMKM dibandingkan total kredit BRI terus merangkak naik, menjadi sebesar 83,27%. Adapun BRI secara konsoldasian berhasil menyalurkan kredit sebesar Rp 1.104,79 triliun atau tumbuh 8,75% yoy pada periode yang sama.

Baca juga : Waketum Golkar Dukung Kalimantan Selatan Go Global

Seluruh sektor kredit tercatat mengalami peningkatan positif, dengan penopang utama yakni segmen mikro yang tumbuh 15,07%, segmen konsumer tumbuh 5,27%, segmen korporasi tumbuh 3,76% serta segmen kecil & menengah tumbuh 2,71%. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.