Dark/Light Mode

Warga Paris Tumplek Di Lokasi Pembukaan Pameran UMKM Solo, Gibran Takjub

Kamis, 9 Juni 2022 09:40 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (tengah) saat membuka pameran UMKM Kota Solo di Mall Le BHV Marais, Paris, Prancis, Rabu (8/6). (Foto: YouTube Berita Surakarta)
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (tengah) saat membuka pameran UMKM Kota Solo di Mall Le BHV Marais, Paris, Prancis, Rabu (8/6). (Foto: YouTube Berita Surakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka takjub melihat tingginya animo masyarakat setempat, dalam acara pembukaan Pameran UMKM Kota Solo di Mall Le BHV Marais, Paris, Prancis, Rabu (8/6).

Dalam video yang ditayangkan Youtube Berita Surakarta, samar-samar terdengar teriakan pengunjung wanita yang sepertinya WNI. "Mas Gibran, Mas Gibran," begitu katanya, dengan aksen Jawa yang khas.

 

Baca juga : Badal Haji, Bolehkah Dilakukan Sembarang Orang?

 

"Bapak, Ibu, terima kasih. Ini saya nggak nyangka, ramai sekali. Maturnuwun, maturnuwun, terima kasih," kata Gibran dalam sambutan acara yang berlangsung on the street, di depan mall paling bergengsi di Paris.

Dia lalu memukul gong yang sudah di-setting di sebelah kanannya, sebagai tanda peresmian event berkelas bagi UMKM Kota Solo, yang juga dihadiri Duta Besar RI untuk Prancis, Andorra, dan Monako serta Delegasi Tetap RI untuk UNESCO, Mohammad Oemar.

Baca juga : Menhub: Pembangunan Harus Netes Ke Rakyat

 

 

Dalam sambutan berbahasa Inggris, Gibran mengatakan, pameran ini menjadi ajang bagi UMKM Kota Solo untuk mempopulerkan batik dan nilai-nilai tradisional Kota Sriwedari di tengah masyarakat Eropa. Khususnya, Prancis.

Baca juga : Penjual Hewan Kurban Wajib Kantongi Izin

"Saya berharap, jumlah orang yang mencintai batik sebagai salah satu world heritage, semakin bertambah banyak," ujarnya.

Gibran ingin, pameran Le BHV Marais Paris ini bisa menjadi semacam batu lompatan bagi UMKM Solo, untuk menembus pasar global.

Karena itu, dia pun meminta para pelaku UMKM di wilayahnya, agar terus belajar. Meningkatkan kualitas untuk mendongkrak daya saing produk di kancah internasional.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.