Dark/Light Mode

Hari Ini Akan Datang Ke KPK

Anies Tidak Ciut Sedikitpun

Rabu, 7 September 2022 06:40 WIB
Anies Baswedan dipanggil sebagai saksi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK, pada Selasa, 21 September 2021. (Antara Foto/ M Risyal Hidayat).
Anies Baswedan dipanggil sebagai saksi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK, pada Selasa, 21 September 2021. (Antara Foto/ M Risyal Hidayat).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pagi ini, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dijadwalkan akan datang ke gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kedatangan Anies untuk memenuhi pemanggilan KPK terkait penyelenggaraan ajang balap mobil listrik Formula E. Meskipun pemanggilan ini jadi gorengan para lawan politiknya, Anies tidak ciut sedikitpun.

Kemarin, tepatnya 1 hari sebelum pemanggilan KPK, Anies masih sibuk dengan pekerjaannya sebagai Gubernur DKI. Mulai dari kegiatan pemotongan kabel telekomunikasi hingga acara peluncuran komitmen pengurangan emisi karbon di Hotel Fairmont Jakarta Pusat.

Pembawaannya masih santai. Mengenakan rompi warna krim, dengan topi proyek warna putih dengan tulisan Gubernur di depannya, Anies terlihat happy. Padahal, besoknya (hari ini), Anies akan dimintai keterangan KPK. Lembaga yang dipimpin Firli Bahuri itu akan mengorek keterangan dari Anies terkait dugaan korupsi dalam penyelenggaraan Formula E.

Baca juga : HKI Jadi Jaminan Utang, OJK Masih Godok Aturan

Apakah tidak ada persiapan? “Ya, datang aja, tidak ada persiapan khusus,” ucapnya, santai usai menghadiri peluncuran komitmen pengurangan emisi karbon di Jakarta.

Sebelumnya, Anies mengaku telah menerima surat panggilan pemeriksaan dari KPK. Ia mengaku bakal mendatangi KPK untuk memberikan klarifikasi yang dibutuhkan berkait Formula E Jakarta.

“Insya Allah saya akan datang dan akan membantu untuk bisa membuat semuanya menjadi lebih jelas. Hanya memberi keterangan, gitu aja, terkait Formula E,” jawab Anies.

Baca juga : Anies Didorong Cabut Keringanan Retribusi

Pakar komunikasi politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio menilai, sikap santai Anies menyikapi pemanggilan KPK tak lepas dari kepercayaan diri. Menurutnya, Anies memang merasa tidak ada masalah dalam penyelenggaraan formula E yang banyak diributkan lawan-lawan poitiknya.

Menurutnya, pemanggilan Anies itu, justru menjadi panggung untuk mengungkap segala kecurigaan menjadi terang-benderang. “Ini bisa menjawab semua keraguan soal Formula E dan bisa jadi benar-benar membanggakan,” kata Hensat, sapaannya tadi malam.

Ia juga menilai bahwa pemanggilan ini adalah bukti keprofesionalan KPK di bawah komando Firli Bahuri. Karena ia meyakini pemanggilan tersebut tidak ditunggangi kepentingan politik dan pengalihan isu dan lainnya.

Baca juga : Jasa Raharja Terjunkan Tim Data Korban Kecelakaan Maut Di Bekasi

“Tapi kalau dijadikan alat politik dan menahan gerakan perubahan, itu yang ruginya KPK sendiri,” nilainya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.