Dark/Light Mode

Kecam Aksi Represif Dalam Demo Tolak Kenaikan BBM

HMI Kalsel Gelar Aksi Unjuk Rasa

Rabu, 7 September 2022 17:44 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Ratusan Kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kalimantan Selatan menggelar aksi demonstrasi, di Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Rabu (7/9).

Massa yang datang dengan satu unit mobil bak terbuka, membawa sejumlah poster bernada kecaman terhadap perlakuan represif aparat kepolisian terhadap kader HMI-wati cabang Dompu yang mengalami cidera muka saat menggelar aksi protes wacana kenaikan BBM di Kantor DPRD Dompu, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (1/9). Juga, yang terjadi di Bengkulu.

Baca juga : Kena Dampak Kenaikan BBM, Pengusaha Pelayaran Minta Penyesuaian Tarif

"Tindakan represif saat penanganan aksi tidak sesuai jargon Polri Presisi," ujar Koordinator Lapangan Aliansi Kader HMI Kalsel, Abdi Aswadi.

Padahal menurutnya, aparat keamanan seharusnya melindungi para aktivis yang sedang melakukan aksi demonstrasi.

Baca juga : HMI Makassar Minta Presiden Evaluasi Polri

"Tugas aparat keamanan adalah memastikan aksi demonstrasi berjalan lancar sehingga aspirasi mahasiswa dan rakyat dapat tersalurkan," tuturnya.

Abdi berharap, oknum aparat keamanan yang diduga terlibat dalam kekerasan terhadap para aktivis harus diberikan sanksi. Dia juga menilai, saat ini Polri perlu dibenahi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.