Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Meniti Buih Di Antara Karang, Buku 60 Tahun Bamsoet Diluncurkan 10 September 2022

Kamis, 8 September 2022 10:50 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo memperlihatkan buku barunya yang akan diluncurkan pada 10 September 2022. (Foto: Istimewa)
Ketua MPR Bambang Soesatyo memperlihatkan buku barunya yang akan diluncurkan pada 10 September 2022. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo kembali akan meluncurkan dua judul buku pada 10 September 2022, bertepatan dengan hari ulang tahunnya. 'Meniti Buih di Antara Karang’ menjadi judul buku yang menandai 60 tahun perjalanan hidup Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo, sosok politisi dan pengusaha.

Selain berisi tulisan Bamsoet, buku ini memuat catatan dan kesaksian para sahabat. Melengkapi buku ini, dokumentasi ratusan opini yang ditulis Bamsoet sepanjang dua dasawarsa terakhir dikemas dalam lima seri buku berjudul 'Bunga Rampai Opini Bambang Soesatyo 2007-2022’.

Buku ‘Meniti Buih di Antara Karang’ memberi gambaran tentang sosok Bamsoet yang fokus dan konsisten pada yang ingin dicapainya. Setelah empat kali gagal dalam pemilihan anggota legislatif (Pileg), baru pada Pileg 2009 Bamsoet terpilih menjadi anggota DPR. Dia menjadi anggota Komisi III DPR, kemudian menerima amanah sebagai Ketua Komisi III DPR. Karier politiknya berlanjut dengan menjabat Ketua DPR periode 2018-2019, dan menjabat Ketua MPR di periode ini.

Baca juga : Aksara Kawi Segera Rilis Di Unicode September 2022

Selain mengungkap catatan tentang proses perjuangan dan kerja keras Bamsoet menjadi anggota parlemen, buku ini juga memuat sebagian catatan riwayat hidup, peran dan bimbingan orang tua, berkarier sebagai wartawan, dan kisah jatuh bangun dalam berbisnis. Bamsoet juga terus memperluas skala pergaulannya dengan menjangkau generasi milenial melalui sejumlah organisasi dan kegiatan.

Bamsoet terpilih menjadi anggota DPR dari Dapil Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabupaten Kebumen di Jawa Tengah. Para sahabatnya di tiga Dapil tersebut masih menyimpan catatan tentang bagaimana Bamsoet yang bekerja sangat keras, pantang menyerah dan nyaris tak kenal waktu untuk memperkenalkan dirinya kepada konstituen.

Selain itu, buku ini menunjukkan kesungguhan Bamsoet merefleksikan peran dan fungsinya sebagai anggota parlemen, yakni sensitif dan peduli pada persoalan yang terjadi di tengah masyarakat. Kepedulian Bamsoet kepada masyarakat tidak hanya ditunjukkan melalui pernyataan pers dan tulisan opini, melainkan juga diwujudkan dalam tindakan dan perbuatan nyata, baik di Jakarta maupun daerah, termasuk di daerah pemilihannya (Dapil).

Baca juga : Ketum IMI Tinjau Persiapan Black Stone Garage, Soft Launching 10 September 2022

Sebelum dan setelah menjadi anggota parlemen, Bamsoet juga sangat aktif membuat pernyataan pers dan menulis opini untuk menyikapi ragam persoalan, baik menyangkut persoalan masyarakat maupun masalah negara-bangsa. Aktif melancarkan kritik, dan juga menawarkan solusi. Sudah ratusan opini ditulis dan ribuan pernyataan pers dibuat Bamsoet terhitung sejak 2007. Untuk kinerjanya menyikapi ragam persoalan melalui pernyataan pers itu, pada April 2010, Bamsoet dianugerahi ‘News Maker Award’ oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI Jaya).

Selain Penganugerahan 'News Maker Award' dari PWI Jaya, Bamsoet juga mendapat banyak penghargaan, antara lain seperti The Best and The Next Legislator Award 2014; 10 Tokoh Politik dengan Branding Otentik dari Polaris Data and Story Lab (2018); Anugerah Pers Jawa Tengah dari Suara Merdeka Network (2018); dan Best Communicators dari majalah PR Indonesia (2018).

Ada pula penghargaan The Best and The Next Legislator Award 2019; Parliament of The Year 2019 dari Teropong Senayan; Best Parliamentarians dari Obsession Media Group (2019); IJTI Jawa Tengah Award dari Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Jawa Tengah (2019); Democracy Award dari Moeslim Choice Media Networks (2019); Indonesia Digital Initiative Awards dari Diksi Digital Indonesia, Maven Digital Asia dan Circle Communication (2019).

Baca juga : Gandeng Seniman Diela Maharanie, The Balvenie Luncurkan Karya Seni Cendrawasih

Dilanjutkan Penghargaan Parliament of The Year 2020 dari Teropong Senayan; Rising Star of Democracy 2020 dari Teropong Senayan; Best Institution Leader 2020 dari Obsession Media Group; Inspiring Leader of Politician 2020 dari Teropong Senayan; dan untuk ketiga kalinya mendapatkan penghargaan Parliament of The Year 2021 untuk ketiga kalinya melalui ajang Teropong Parlemen Awards 2021.

Bamsoet juga mengoleksi berbagai rekor dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI). Antara lain Penyelenggara Turnamen Catur dengan Peserta Master Terbanyak di Dunia (2019); Sosialisasi Empat Pilar MPR di Kejuaraan Tembak Nasional Legislator Championship dengan Penembak Terbanyak (2020); dan Sosialisasi Empat Pilar MPR kepada Anggota Komunitas Motor Terbanyak (2020).

Buku ‘Meniti Buih di Antara Karang’ akan diluncurkan pada 10 September 2022 di Jakarta, sekaligus peluncuran tempat rendezvous baru 'Black Stone Garage' (IMI Lounge), tempat tongkrongan baru bagi komunitas otomotif, klub-klub mobil dan motor di kawasan Hang Jebat Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, bertepatan dengan hari ulang tahun Bamsoet ke-60.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.