Dark/Light Mode

Diwawancarai Adhyaksa Dault

SBY Ngobrolin Lukisan Hingga Presidensi G20

Jumat, 9 September 2022 19:53 WIB
Foto: Ethical Politics.
Foto: Ethical Politics.

 Sebelumnya 
Setelah ngobrolin lukisan, Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat ini mengemukakan pandangannya soal Presidensi G20 Indonesia.

SBY perpandangan, Presidensi G20 yang akan digelar pada bulan November 2022 mendatang menjadi tantangan tersendiri bagi Indonesia.

Sebab, di saat yang hampir bersamaan, perang antara Rusia dan Ukraina mempengaruhi situasi geopolitik global saat ini.

Baca juga : Ribuan Santri Di Serang Doakan Ganjar Pranowo Jadi Presiden Di 2024

"Saya harus jujur bahwa tantangannya berat, mengapa? Ketika digelar G20 Summit bulan November mendatang, dunia kita seperti itu sedang panas geopolitiknya, sedang bergejolak perekonomiannya. Dan barangkali masing-masing negara mengutamakan kepentingannya sendiri, bukan kepentingan bersama," urai SBY.

Kemudian, dia menilai, G20 sendiri sudah retak dan terbelah. Tidak sama dengan era ketika SBY aktif dalam G20. "Saat itu hangat, akrab, duduk bersama memecahkan masalah. Sekarang tidak bisa begitu lagi," tambahnya.

SBY berharap, para pemimpin G20 saat ini dapat mampu memahami persoalan yang sesungguhnya serta dapat mencari solusi dengan cara-cara yang tak biasa.

Baca juga : Srikandi Ganjar Yogyakarta Gaungkan Ganjar Presiden 2024

"Yang saya sebut thinking outside the box mencari pendekatan yang pas, diplomasi yang pas, mitigasi dan persuasi yang pas," tegas SBY.

Meskipun mengalami tantangan yang tak mudah, SBY menilai, momentum Presidensi G20 dapat menjadi peluang emas bagi bangsa Indonesia untuk mengambil manfaat yang baik. 

"Saya masih melihat tetap ada peluang yang bisa dimainkan oleh Indonesia. Semoga peluang itu tidak disia-siakan," harapnya.

Baca juga : Emak-Emak DIY Gaungkan Ganjar Presiden 2024

Wawancara tersebut juga membahas sejarah dan prestasi klub Voli LavAni di turnamen bergengsi Proliga serta Sea Games Vietnam 2022 ada juga diskusi singkat persoalan ekonomi dan tantangan bagi Indonesia.

Silakan simak di channel YouTube AdhyaksaDaultChannel. Selamat menyaksikan! ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.