Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Terima Delegasi KSPSI, Ilham Habibie Tegaskan Pentingnya Pekerja Kuasai Teknologi Dan Inovasi

Selasa, 13 September 2022 11:37 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Wantiknas) Ilham Akbar Habibie menegaskan pentingnya kelompok pekerja atau buruh di Indonesia menguasai teknologi dan inovasi.

Hal tersebut menjadi keharusan jika ingin terus bersaing dalam era revolusi industri keempat yang saat ini sedang berlangsung.

Hal itu ditegaskan Ilham saat menerima kunjungan delegasi aktivis buruh pengurus DPP KSPSI, pekan lalu.

Baca juga : Ceramah Di Diklat PPSDM Kemendagri, Kepala BPIP Tekankan Pentingnya Integritas

"Pada era revolusi industri 4.0 dengan teknologi dan inovasi digital sebagai trademark harus memunculkan generasi pekerja yang menguasai teknologi dan inovasi. Ini suatu keharusan," ungkap Ilham seperti dikutip dari YouTube Channel Ilham Habibie, Selasa (13/9).

Menurut Putra Presiden ke-3 ini, banyak pekerjaan hilang karena teknologi dan imbasnya pemangkasan tenaga kerja tidak terhindarkan.

"Ini adalah juga upaya kita agar pekerja Indonesia dapat bersaing dengan pekerja dari negara lain," sambung Ilham.

Baca juga : Bamsoet Tegaskan Pentingnya Pembangunan Manusia Serta Penguasaan Iptek

Ilham juga berharap, jaminan sosial pekerja di Indonesia bisa dikelola dengan baik. Termasuk tata kelola upah, jaminan sosial maupun pensiun.

"Ini menurut saya elemen yang saat ini perlu kita dorong. Kalau semua ini berjalan baik maka kualitas pekerja kita juga akan semakin baik, makin kompetitif, dan makin punya daya saing serta posisi tawar bagus," paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Umum KSPSI Arnod Sihite mendorong Pemerintah segera membentuk Tripartit di bidang Energi Baru Terbarukan (EBT) antara pemerintah, pengusaha dan serikat pekerja.

Baca juga : IPEF, Jalan Baru Peningkatan Kerja Sama Ekonomi Di Kawasan Indo-Pasifik

Sehingga, sejak dini dapat diambil langkah-langkah antisipasi akibat imbas transisi energi bagi buruh atau pekerja.

"Kami tentu saja memberi apresiasi atas keterbukaan Pak Ilham yang ikut mendukung gerakan buruh Indonesia lebih maju. Harapannya silaturahmi ini bisa menghasilkan kerja sama antara KSPSI dengan lembaga yang beliau pimpin, khususnya dalam konteks skill up para pekerja pada bidang teknologi, inovasi dan kreativitas," harap Arnod, yang juga Ketua Umum PP FSP PPMI-KSPSI tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.