Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jalin Silaturahmi, DPD IKAL Lemhanas Jabar Gelar Ngopi Bareng

Selasa, 13 September 2022 14:57 WIB
Jalin Silaturahmi, DPD IKAL Lemhanas Jabar Gelar Ngopi Bareng

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Keluarga Alumni (IKAL) Lemhannas Jabar menghelat acara "Ngopbar Sersan" atau ngopi bareng serius tapi santai pada hari Jumat, 9 September 2022 di Hotel Santika Bandung. 

Acara "Ngopbar Sersan"  dimanfaatkan pengurus DPD IKAL Jabar sebagai ajang silaturahmi yang mempertemukan para alumni angkatan tanpa pengecualian dari pendidikan dan ataupun program apa yang diterima para alumni dari Lemhannas.

Pengurus menyadari secara organisatoris bahwa pihak-pihak yang telah menerima program dan telah  berikrar untuk menjadi agen perubahan dapat mengimplementasikan nilai - nilai empat konsensus kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika.

Selain itu, Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI) harus menjadi pedoman untuk menjawab tantangan berbangsa pada masa kini dan masa datang. Dan, menjadi komitmen bersama alumni  Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan (Taplai KBS) Lemhannas baik training of trainers (ToT) / Pembinaan dan pelaksanaan (Bin dan lak) Taplai merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keluarga Alumni Lemhannas. 

Baca juga : Jadi Ketua DKPP, Heddy Lukito Lepas Jabatan Komisaris BUMN

Ketua DPD IKAL Jawa Barat Mayjend TNI (Pur) Deni K Irawan berpesan bahwa, pertemuan tersebut dapat dijadikan ruang ekspresi para alumni angkatan untuk mengambil bagian dari keluarga IKAL.

"Saya juga menaruh harapan pada rekan rekan angkatan, dapat berkontribusi dalam mengaktualisasikan IKAL sebagai wadah organisasi mitra intelektual dan prestisius di wilayah," ungkapnya.

Dalam acara "Ngopbar Sersan" beberapa hari lalu Ketua DPD IKAL Lemhanas Jabar telah memberikan mandat kepada Usep Wahyu, untuk bertindak sebagai fasilitator guna menampung apa yang menjadi pokok-pokok dalam pembahasan.

Dalam pertemuan tersebut beberapa hal menjadi pembahasan antara lain, Konsolidasi KBS Pelatih untuk pelatih (PUP)/ Bin & Laks Taplai lintas angkatan adalah penguatan organisasi IKAL Jawa Barat.

Baca juga : Bosan Jadi Ban Serep, Pjanic Cabut Dari Barcelona

Kemudian kedudukan IKAL Jabar sebagai organisasi di wilayah, serta upaya mewujudkan kesekretariatan IKAL Jabar yang representatif.

"Selain itu, mengangkat isu terkait bidang Kemaritiman dan penyimpangan illegal fishing, serta isu ancaman nyata nirmiliter dalam penyebaran HIV/AIDS di Jawa Barat khususnya Kota Bandung," kata Usep.

Sementara Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa yang juga sebagai alumni Pelatihan bagi Pelatih Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan LEMHANNAS RI Angkatan II Tahun 2022 menuturkan, konsolidasi KBS PUP/ Bin & Laks Taplai angkatan yang terinisiasi dapat berjalan lancar walau kemasannya sederhana namun begitu cukup khidmat.

"Para juga alumni sangat tertarik pada pertemuan yang digelar seperti ini dan harus menjadi budaya IKAL dalam menjalin keakraban baik pengurus dan anggota, dalam membangun berkomunikasi yang efektif sesama alumni," ujarnya.

Baca juga : Silaturahmi WNI, KBRI Tokyo Gelar Turnamen Fustsal

Dalam pertemuan tersebut, para alumni angkatan juga, menaruh harapan besar terhadap IKAL sebagai organisasi besar agar dapat mampu mewujudkan diri sebagai organisasi garda terdepan dalam membangun, mengembangkan potensi sumberdaya manusia handal yang dapat menjawab tantangan global, serta menjalin hubungan dengan berbagai elemen bangsa lainya. 

Selain itu, juga membicarakan terkait sumber daya manusia IKAL yang dituntut harus memiliki kepekaan tinggi dalam menyikapi fenomena kebangsaan yang terjadi secara faktual dan nyata, yang mempengaruhi terhadap ketahanan kehidupan berbangsa di wilayah dan menjaga keutuhan bangsa.

Anggota IKAL juga dituntut aktif memberikan sumbangsih pemikirannya melalui konseptual terhadap bangsa. Sumberdaya manusia IKAL khususnya Jawa Barat harus mampu menumbuh kembangkan rasa kepedulian sosial yang tinggi di wilayah Jawa Barat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.