Dark/Light Mode

Jalin Silaturahmi, DPD IKAL Lemhanas Jabar Gelar Ngopi Bareng

Selasa, 13 September 2022 14:57 WIB
Jalin Silaturahmi, DPD IKAL Lemhanas Jabar Gelar Ngopi Bareng

 Sebelumnya 
Dalam kegiatan Ngopbar Sersan tersebut lanjut Capt. Hakeng bahwa dirinya mengusulkan beberapa program terkait kemaritiman yang potensial di wilayah Jawa Barat. 

"Saya mengusulkan kepada DPD IKAL Lemhanas RI Jabar terkait isu bagaimana mengangkat kesejahteraan nelayan dan masyarakat pesisir. Salah satunya memperhatikan kebutuhan solar atau BBM dari nelayan untuk melaut. Diusahakan ketersediaan BBM di SPBN terpenuhi setiap harinya. Sehingga nelayan tidak perlu mencari jauh-jauh BBM dari lingkungannya," harapnya.

Seperti diketahui, Nilai Luhur Sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia merupakan cita-cita bangsa Indonesia  untuk selalu mengedepankan prinsip-prinsip keadilan dalam mewujudkan suatu masyarakat yang adil dan makmur.

"Setiap warga negara harus diperlakukan adil tanpa memandang agama, suku, dan status sosialnya," tegasnya.

Baca juga : Jadi Ketua DKPP, Heddy Lukito Lepas Jabatan Komisaris BUMN

Selain itu, kesejahteraan hidup masyarakat pesisir juga menjadi prioritas yang harus diperhatikan oleh pemangku kepentingan dengan bekerja sama para anggota IKAL Lemhannas RI se-Jawa Barat.

"Masyarakat pesisir dapat diajak untuk memanfaatkan potensi yang tersedia di sekitar lingkungannya. Misalnya, memanfaatkan hasil tangkapan ikan atau membuat kerajinan tangan dari hasil laut yang ada," ungkapnya.

Untuk menambah income dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, serta memajukan sektor ekonomi, sudah selayaknya pelabuhan Patimban terus dikembangkan menjadi pelabuhan bertaraf internasional.

Dalam pertemuan itu juga hadir beberapa perwakilan alumni Lemhannas. Antara lain, Isdani Sudarisman Sirod, Pollmer Sirait, Epin Saepudin, dan Pak John menyampaikan kesamaan pandangan mereka menyoroti kesekretariatan.

Baca juga : Bosan Jadi Ban Serep, Pjanic Cabut Dari Barcelona

Kesekretariatan memiliki fungsi sebagai tempat atau wadah berkumpul dan berkomunikasi organisasi melalui kegiatan atau aktivitas, yang dalam pelaksanaanya secara konkrit mengenai tugas tugas organisasi.

Kondisi saat ini kesekretariatan DPD IKAL Jabar sementara masih memanfaatkan fasilitas Gedung Pemda Jabar  tepatnya di menara Gedung Sate.

Dengan kondisi demikian, dipandang belum cukup representatif untuk dijadikan sarana mediasi para alumnus angkatan mengingat pengelolaan gedung diselenggarakan secara langsung oleh Pemerintah Daerah sehingga tidak secara bebas bagi pihak-pihak dalam berkunjung.

Bertolak dari itu para alumni KBS angkatan menaruh harapan besar terhadap DPD IKAL Jabar agar dapat memiliki kesekretariatan yang representatif.

Baca juga : Silaturahmi WNI, KBRI Tokyo Gelar Turnamen Fustsal

Sehingga dapat menjadi ruang gerak bagi para alumni untuk menyampaikan ide gagasan serta berbagi pengetahuan dan pengalamanya dengan jajaran kepengurusan IKAL Jabar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.