Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pilpres 2024

JK Dukung Sosok Yang Bisa Bawa Kemakmuran Bangsa

Sabtu, 17 September 2022 21:29 WIB
Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menghadiri acara Silaturahmi Nasional Jenggala Center di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat l (16/9) malam. (Foto: Istimewa)
Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menghadiri acara Silaturahmi Nasional Jenggala Center di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat l (16/9) malam. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan mendukung siapapun kandidat Pilpres 2024 yang membawa bangsa ini kepada kemakmuran dan keadilan. Baginya, itu adalah kata kunci dalam berikhtiar memilih calon pemimpin bangsa di pesta demokrasi mendatang.

“Saya mendukung siapapun yang membawa kemajuan, kemakmuran, dan adil. Itu saja,” ujar JK seusai menghadiri acara Silaturahmi Nasional Jenggala Center di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (16/9) malam.

Sebagai Ketua Dewan Kehormatan Jenggala Center, JK menceritakan pernyataan ihwal dukung mendukung di Pilpres kerap ditanyakan kepada dirinya. Termasuk ketika dirinya berkegiatan di Dewan Masjid Indonesia (DMI). Di DMI, JK menjabat sebagai Ketua Umum.

“Bapak dukung siapa? Kami meminta arahan,” kata JK mengenang peristiwa tersebut.

Baca juga : Polisi Baik Kasih Panggung, Yang Buruk Buang Aja

Sontak, JK menjawab pertanyaan itu dengan kelakar. Dijawab dirinya tidak memberikan arahan. Soalnya, semua yang mencalonkan itu beragama Islam, dan sudah menunaikan rukun Islam ke-5, yaitu Ibadah Haji. “Semua calon Islam, haji lagi,” kelakarnya yang disambut riuh tawa para hadirin.

Akhirnya, JK memberikan wejangan bahwa pemimpin itu harus memiliki kepemimpinan, pengalaman hingga masa lalu yang baik. “Yang baik-baik lah, itu aja,” katanya.

Pun, Jenggala Center itu sendiri, ungkap JK, memiliki tujuan membawa kemajuan bangsa, bukan orang. “Saya bilang tidak berpikir, ngga ada arahan sama-sama haji,” kelakarnya lagi.

Menariknya, acara silaturahmi Jenggala Center kala itu turut dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar ini merupakan sebagai salah satu calon kandidat di Pilpres 2024. Partainya, bersuara bulat mencapreskan Sang Ketum.

Baca juga : Pembinaan Atlet Dukung Esports Indonesia Berprestasi Di Kancah Dunia

Di acara yang berjalan begitu cair ini, Airlangga tidak ragu menyiratkan diri siap maju di Pilpres 2024. Ketum Golkar itu pun memohon arahan dan bimbingan JK sebagai salah satu tokoh bangsa di Indonesia.

“Yang diperlukan wisdom-nya (kebijaksanaan), sulit berbicara di depan Pak JK karena sudah tahu semua, saya ingin sharing,” kata Airlangga mengawali pidatonya di acara Silaturahmi Nasional Jenggala Center.

Di acara tersebut, Airlangga berbicara tentang ikhtiarnya bersama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) untuk memajukan bangsa ini. Sekaligus, bercerita tentang kebijakan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dinaikkan oleh Pemerintah.

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) Jenggala Center, Ibnu Munzir menjelaskan Silaturahmi Nasional ini melibatkan seluruh perwakilan organisasnya di seluruh Indonesia bahkan di luar negeri.

Baca juga : Sikapi BBM Naik, Sahabat Sandi Sinjai Gelar Bazar Sembako Murah Bantu Warga

Menurutnya, Jenggala Center aktif membantu rakyat. Terutama dalam urusan kemanusiaan. Termasuk, membantu Pemerintah melakukan program vaksinasi Covid-19, dan donor darah.

Tidak hanya Jenggala Center, organisasi Perempuan Jenggala juga ikut turun gunung membantu masyarakat. Pun di sektor ekonomi, Jenggala Center ikut berupaya membantu Pemerintah mendongkrak ekonomi untuk bangkit dari pandemi dengan terjun langsung ke masyarakat.

Caranya, dengan melakukan aksi belanja di pasar lokal, dan belanjaan itu diberikan kepada panti asuhan. “Ini kontribusi yang dilakukan. Namun tetap, ekonomi berkembang pesat dari tangan dingin Menko Airlangga,” katanya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.