Dark/Light Mode

Berperan Cegah Terorisme

Kepala BNPT Beri Penghormatan Terakhir Pada Prof Azyumardi Azra

Selasa, 20 September 2022 18:15 WIB
Foto: Humas BNPT.
Foto: Humas BNPT.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar memberikan penghormatan terakhir pada prosesi pemakaman Prof. Azyumardi Azra, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, pada Selasa (20/9).

Prosesi pemakaman dilakukan secara militer dan dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy.

Baca juga : Wamenag Dan Sejumlah Tokoh Hadiri Pemakaman Prof Azyumardi

Semasa hidup, Azyumardi Azra telah mengabdikan diri untuk turut dalam upaya pencegahan terorisme dengan menjadi kelompok ahli bidang agama BNPT periode 2016-2022.

Lewat beragam langkah konkret, Azyumardi Azra berjuang bersama BNPT. Mulai dari mengajak masyarakat mengenali ciri-ciri kelompok radikal, pelibatan lembaga dakwah kampus, dukungan pemblokiran situs-situs yang mengandung ajaran kebencian dan kekerasan, hingga terlibat dalam program deradikaliasi BNPT telah ia lakukan.

Baca juga : Ketua PGI Pendeta Gultom Sebut Prof. Azyumardi Azra Cendekiawan Dunia

Dalam berbagai kesempatan, dirinya pun kerap membagikan pesan tentang kunci keberhasilan deradikaliasi yakni memiliki semangat kebangsaan dan cinta Tanah Air.

"Nilai-nilai moderasi dan cinta Tanah Air adalah pilar keutuhan NKRI yang harus tetap hidup dan cinta terhadap negeri merupakan bagian dari deradikalisasi itu sendiri," pesannya dalam berbagai kesempatan.

Baca juga : Beckham Rela Antre 12 Jam, Demi Penghormatan Terakhir Untuk Ratu Elizabeth II

Turut hadir dalam prosesi pemakaman tokoh-tokoh negara maupun petinggi agama. Di antaranya Wakil Presiden Republik Indonesia ke 10 dan 12 Jusuf Kalla, Kapolri, Listyo Sigit Prabowo, Ketua DPR RI 1999 - 2004 Akbar Tanjung, serta imam besar Masjid Istiqlal Nasarudin Umar. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.