Dark/Light Mode

Berikan Arahan Di Cibubur

Kepala BPIP Ingin Paskibraka Jadi Contoh di Masyarakat

Minggu, 7 Agustus 2022 10:27 WIB
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi. (Foto: Ist)
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi berharap seluruh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat pusat tahun 2022 menjadi role model dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila.

"Adik-adik adalah generasi penerus bangsa harus menjadi contoh masyarakat, terutama di era digital saat ini," kata Yudian, saat memberikan arahan kepada 68 Paskibraka tingkat pusat tahun 2022 di Cibubur, Sabtu, (6/8).

Yudian menyampaikan,  calon Paskibraka berhak menjadi pemimpin bangsa. Untuk itu, ia mengingatkan peserta agar terus semangat dalam belajar.

Baca juga : HMI Karawang Dorong Partisipasi Politik Masyarakat

Menurut Yudian, Paskibraka dalam sejarahnya dibentuk sebagai representasi dari perwakilan generasi muda yang beragam di seluruh pelosok Indonesia yaitu saat Sumpah Pemuda. Ia berharap peserta mengerti nilai sejarah dari adat budaya luhur bangsa ini. 

Ia juga menjelaskan Paskibraka adalah spirit persatuan sekaligus keberagaman di Indonesia. Keberadaan Paskibraka yang mewakili putra dan putri terbaik negeri untuk mengibarkan bendera pusaka ini bukti nyata bahwa pemuda adalah komponen terbaik bangsa untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan melalui Pancasila.

"Kemerdekaan untuk berprestasi, mengaktualisasikan diri secara positif dan mampu menunjukkan kualitas dan teladan Indonesia di mata dunia," sambungnya.

Baca juga : Jika Ronaldo Kabur, Martial Bakal Jadi Andalan

Ia berharap Paskibraka menjadi penyebar konten positif hingga keberadaan Paskibraka tidak semata-mata sebagai pasukan Pengibar Bendera saja, namun juga bergerak dan bermanfaat bagi masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Dewan Pengarah BPIP Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, mengajak Paskibraka untuk menjadi pahlawan masa depan bangsa Indonesia. Dengan semangat yang berapi-api, mantan Danjen Kopasus ini mengajak para paskibraka memiliki sikap dasar jujur, berani, ulet  tangguh, disiplin,  dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, serta  memiliki jati diri bangsa Indonesia, bersatu konsekuen dan konsisten.

“Kalian harus menjadi pahlawan masa depan. Karena itu kalian harus memiliki sikap  seperti yang di atas, sebagai pondasinya,” ajaknya.

Baca juga : Kepala BNPT: Penanggulangan Terorisme Di Papua Menjadi Tugas Pemerintah Dan Masyarakat

Selain itu, Wisnu menyampaikan harapannya bahwa untuk menjadi pahlawan nasional harus disiplin. "Saya ingin kalian harus disiplin, dan bersih hati, bersih pikiran dan tindakan, beretika, bermoral serta hati-hati dengan medsos, tuturnya agar bisa berkompetisi pada era global ini," paparnya.

Ia juga menegaskan agar generasi muda betul betul mencintai bangsa Indonesia dan mengamalkan Pancasila sebagai falsafah berbangsa dan bernegara. “Cintai Indonesia, kibarkan Merah Putih di manapun kapanpun kamu berada," tegasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.