Dark/Light Mode

Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Perpusnas Gelar Literasi Kopi

Sabtu, 1 Oktober 2022 09:48 WIB
Foto: Dok Perpusnas
Foto: Dok Perpusnas

 Sebelumnya 
Menurutnya Perpusnas memastikan ikut andil dalam peningkatan literasi masyarakat yang menjadi agenda pembangunan dari Presiden Joko Widodo. Melalui program Literasi Terapan Usaha Kopi Nusantara, Perpusnas mengharapkan agar masyarakat memiliki pengetahuan tentang kopi, yang pada akhirnya dapat membuka usaha di bidang kuliner atau warung kopi dan sejenisnya, sehingga usaha dalam membantu masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya.

Guna mensukseskan program ini, Perpusnas menggandeng para pelaku usaha kuliner kopi di lima daerah yang sudah berpengalaman dalam usaha kopi preneur ini untuk memberikan pelatihan dan literasi tentang kopi.

Baca juga : Tingkatkan Kualitas Pendidikan Mahasiswa, Universitas Bung Karno Gandeng DPP PA GMNI

Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 bulan di lima wilayah kota di Indonesia yakni di Jabodetabek, Bali, Kupang, Toraja dan Samarinda. Agus Sutoyo juga menjelaskan kegiatan ini terbagi dalam dua tahap yakni, pelatihan penyeduhan kopi manual tingkat dasar dan espresso tingkat dasar yang disampaikan secara daring (Zoom).

“Animo masyarakat untuk mengikuti program ini sangat tinggi. Terbukti program literasi kopi ini diikuti oleh 150 orang peserta dari setiap kota. Ini sangat luar biasa,” ujarnya.

Baca juga : Penyesuaian Tarif Angkutan Penyeberangan Belum Sesuai Harapan Pengusaha

Agus juga menjelaskan setelah sesi teori dari setiap kota akan dipilih 75 orang peserta untuk mengikutisessi praktek tingkat dasar (onsite) yang dilaksanakan di kedai yang telah bekerjasama di tiap kota.

Setelah peserta mengikuti rangkaian pelatihan tingkat dasar, maka panitia akan melakukan seleksi untuk memilih 4 peserta dari tiap kota guna nantinya mengikuti pelatihan tingkat lanjut terpusat (Bootcamp) selama 15 hari di Jakarta.

Baca juga : Kehadiran Bunda Literasi Tingkatkan Kecakapan Hidup Masyarakat

Selanjutnya, para peserta tiap kota yang ikut pada kegiatan ini akan diseleksi kembali. 20 peserta terbaik akan mengingkuti pelatihan tingkat lanjutan yang akan diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 3 - 15 November 2022, semua akomodasi peserta terbaik akan ditanggung oleh Perpusnas RI.

“lima peserta terbaik akan diberikan apresiasi yang bermanfaat dalam mengembangkan usaha kuliner kopi di kota asal mereka,” pungkas Agus. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.