Dark/Light Mode

Pasca Tragedi Kanjuruhan

PSSI Setop Pertandingan Liga 1 Selama Sepekan

Minggu, 2 Oktober 2022 13:58 WIB
Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang. (Foto: Twitter)
Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang. (Foto: Twitter)

RM.id  Rakyat Merdeka - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) memutuskan untuk menghentikan Liga 1 selama satu pekan, setelah insiden kericuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Insiden nahas itu terjadi setelah pertandingan sepak bola antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10) malam.

"Berdasarkan arahan Ketua Umum telah memutuskan untuk menghentikan Liga 1 selama satu pekan ke depan, tentu kita lihat perkembangannya bila memang mengharuskan. Kita lihat situasi di hari-hari yang akan datang," ujar Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi di Jakarta, Minggu (2/10).

Baca juga : Ketum PAN Berduka Atas Tragedi Kanjuruhan, Kecam Penggunaan Gas Air Mata

Dia mengakui telah dihubungi oleh FIFA terkait peristiwa kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan. Terlebih, insiden tersebut menelan ratusan korban jiwa.

"Media internasional termasuk FIFA telah menghubungi saya mulai tadi malam sampai hari ini, menyampaikan bela sungkawa dan menanyakan kejadian tersebut," ungkap Yunus.

Dia tak memungkiri, peristiwa tersebut merupakan kejadian luar biasa. Sebab, ratusan korban jiwa meninggal dalam peristiwa tersebut.

Baca juga : Usut Tragedi Kanjuruhan, YLKI Desak Pembentukan Tim Independen

"Kejadian ini kejadian luar biasa memakan korban 100 lebih, tentu ini menjadi atensi semua pihak termasuk PSSI, kami akan membangun komunikasi terus menerus berkaitan agar Indonesia tidak terdampak dengan sanksi dan lain-lain," tuturnya.

Dia pun berharap, FIFA tidak mengambil keputusan terburu-buru setelah insiden di Kanjuruhan. "Mereka (FIFA) tahu, ini untuk kepentingan sepak bola dunia," harap Yunus.

Terpisah, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menyampaikan duka cita mendalam atas insiden yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10). PSSI mendukung pihak kepolisian untuk menyelidiki kasus ini.

Baca juga : Percepat Identifikasi Korban Tragedi Kanjuruhan, Polri Kerahkan Tim DVI

"Untuk sementara kompetisi Liga 1 2022/2023 kami hentikan selama satu pekan," tandas Iriawan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.