Dark/Light Mode

Dicapreskan PSI

Ganjar Masih Jaga Perasaan Banteng

Rabu, 5 Oktober 2022 07:30 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Pemprov Jawa Tengah).
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Pemprov Jawa Tengah).

 Sebelumnya 
Menanggapi sikap Ganjar dan Bambang Pacul ini, PSI tidak patah semangat. Grace menegaskan, PSI tetap mendukung Ganjar, apapun keputusan PDIP. Meski ia juga menegaskan, PSI tak ikut campur urusan internal PDIP soal capres yang bakal diusung.

Grace menyatakan, PSI tak asal mendeklarasikan kader PDIP tersebut menjadi capres. "Nama Pak Ganjar muncul dalam aspirasi ketika kami ke bawah. Oleh karena itu, kami harus memasukkan namanya," ucap mantan Ketua Umum PSI ini.

Baca juga : Hadapi Cuaca Ekstrem, Ini Imbauan PLN untuk Jaga Keselamatan Pelanggan

Sementara, peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro menganggap, aksi deklarasi PSI tak lebih dari upaya cari perhatian. Hasil deklarasi itu sulit menjadi kenyataan. Alasannya ada dua. Pertama, PSI tidak memiliki kursi di DPR. Kedua, Ganjar merupakan kader PDIP, yang harus tunduk pada aturan di kandang Banteng.

Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib Syakur Ali Mahdi Al Hamid ikut mengkritik keras sikap PSI yang mendeklarasikan Ganjar sebagai capres dan Yenny Wahid sebagai cawapres. Menurutnya, deklarasi itu hanya mencari sensasi, dan melakukan counter narasi pencapresan Anies Baswedan yang dilakukan NasDem.

Baca juga : KSPSI Dan NUBE Malaysia Kerja Sama Pelatihan Vokasi Buruh Migran

"Bagaimana mungkin, tidak memiliki suara di parlemen mendeklarasikan capres dan cawapres sendiri. Saya yakin, deklarasi itu belum mendapatkan restu dari Ganjar dan Mbak Yenny," ucapnya.

Di dunia maya, deklarasi PSI ini banyak dikritik, bahkan dicibir. PSI dianggap bertepuk sebelah tangan, karena ditolak halus Ganjar dan dimarahi PDIP.

Baca juga : Mantan Tentara Jual Jasa Pelukan

"Kaya cowok ngaku-ngaku jadian sama cewek. Padahal ceweknya nggak tahu apa-apa," sindir akun @Puraputo. "Kata orang zaman old, bertepuk sebelah tangan. Kegatelan," timpal akun @BakulSego116611.

Ada juga warganet yang mempertanyakan kekuatan PSI sehingga pede mengajukan capres sendiri. "Siapa sih PSI itu? Emang punya suara di DPR RI?" tulis akun @KangenNemo. "Lucu banget deh nih partai yang satu ini. Bikin hiburan terus. Wkwkwk," ledek akun @tazzoodin.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.