Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

SMKN Jateng Hingga SMA Futuristik

Terobosan Ganjar Majukan Pendidikan Daerah

Kamis, 6 Oktober 2022 17:39 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo terus memproyeksikan kemajuan pendidikan di lewat berbagai terobosan dan program. Salah satunya sekolah kejuruan gratis, SMKN Negeri Jateng hingga SMA model futuristik.

SMKN Jateng dengan model boarding school pertama kali dibangun Ganjar di tiga wilayah, yakni Kota Semarang, Kabupaten Pati, dan Purbalingga pada 2014. Sekolah tersebut pun melahirkan ratusan lulusan yang menjadi rebutan dunia industri.

Selain itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng Uswatun Hasanah menyebut SMKN Jateng bukan hanya melahirkan SDM yang terampil, tapi juga memberikan dampak sosial bagi orangtua, mengurangi angka putus sekolah, dan pengangguran.

''Secara langsung adanya SMKN ini mengangkat derajat sosial bagi mereka yang mampu menembus sekolah ini. Anak-anak berprestasi ini tak lagi dipandang sebelah mata, karena mereka pelajar pilihan,'' katanya.

Baca juga : Ganjar Minta Pendataan Sertifikasi Tanah Dipercepat

Ditambah lagi, kata Uswatun, Ganjar memberikan fasilitas terbaik bagi para siswa SMKN Jateng, seperti asrama, ketersediaan makanan, hingga buku pelajaran. Uswatun mengatakan, semua fasilitas ini diberikan secara gratis ke para siswa.

"Sebagai sekolah boarding school, seluruh siswanya diasramakan secara gratis. Para siswa 100 persen berasal dari keluarga miskin itu mendapatkan fasilitas lengkap. Dari makan tiga kali sehari hingga seragam dan buku pelajaran. Mereka yang masuk ke sini, syaratnya harus siswa berprestasi akademik dan non-akademik," kata Uswatun.

Sejumlah prestasi pernah ditorehkan SMKN Jateng, di antaranya Peringkat II versi LPMPT Tahun 2020 jenjang SMKN dan Swasta se-Indonesia, ranking 6 Nasional dan 2 tingkat provinsi Ujian Nasional (UN) tahun 2017.

Lalu, 10 Besar Nasional UN 2018 dan peringkat 2 nasional UTBK Nasional, serta berbagai gelar juara non-akademik di 400 kejuaraan tingkat daerah, provinsi dan nasional.

Baca juga : Ganjar Optimalkan Penyaluran BLT BBM Tepat Sasaran

Sejumlah kerja sama dengan dunia pasar, kata Uswatun, juga dilakukan. Di antaranya Universitas Negeri Semarang, Universitas Ngudi Waluyo Ungaran, PT JIAEC, dan PT KOMATSU UNDERCARRIAGE.

Pada tahun 2022 ini, Ganjar membuka 15 SMK semi boarding di berbagai kabupaten/kota untuk siswa dari keluarga kurang mampu.

Program ini akan terus berjalan seiring dengan terobosan baru yang akan hadir dari Ganjar. Di samping SMK, kata Uswatun, Ganjar juga mencetak SDM dengan kompetensi tinggi lewat keberadaan SMA Negeri Tawangmangu di Kabupaten Karanganyar.

Sekolah ini memiliki konsep bangunan dan kurikulum pembelajaran futuristik, sehingga disebut-sebut bakal menjadi sekolah percontohan.

Baca juga : Ganjar Dukung Kedaulatan Pangan Daerah

Uswatun mengatakan, SMA Negeri Tawangmangu berdiri di tengah alam yang sejuk dengan fasilitas futuristik seperti kafe.

Dia menyebut, semua konsep di sekolah ini menggabungkan kearifan lokal dan modern yang berorientasi ke masa depan.

"Keberadaan SMA ini sekaligus menjawab penantian panjang warga Tawangmangu Kabupaten Karanganyar yang belum memiliki SMA. Pak Ganjar sendiri yang mengawal dari sejak groundbreaking, tahap pembangunan yang meresmikan SMAN Tawangmangu sebagai sekolah negeri pertama di kaki Gunung Lawu itu," tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.