Dark/Light Mode

SMKN Jateng Hingga SMA Futuristik

Terobosan Ganjar Majukan Pendidikan Daerah

Kamis, 6 Oktober 2022 17:39 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Uswatun membeberkan, keberpihakan Ganjar dalam dunia pendidikan sekolah kejuruan dan menengah juga tak sebatas bersifat fisik. Ganjar menggelontorkan bantuan untuk siswa SMA/SMK dan SLB negeri dalam bentuk Bantuan Operasional Penyelenggara (BOP) dan SMA/SMK dan SLB swasta melalui program Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda).

Berdasarkan data Pemprov Jateng, Anggaran Bosda tahun 2022 total mencapai Rp 195,43 miliar untuk 607.021 siswa di 1.917 SMA/SMK dan SLB di Jateng. Sedangkan untuk siswa SMK/SMA dan SLB negeri, BOP Pendidikan pada 2022 senilai Rp 769,71 miliar.

Baca juga : Ganjar Minta Pendataan Sertifikasi Tanah Dipercepat

BOP SMK masing-masing di Semarang sebesar Rp8.561.950.000 dengan jumlah siswa 720 siswa. SMK Jateng Pati Rp 4.175.788.000 dengan jumlah siswa 288 orang, SMK Jateng Purbalingga Rp 5.921.585.000 dengan jumlah siswa 576 siswa. Serta SMK semi boarding Rp 6.556.500.000.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mengunjungi SMKN Jateng di Purbalingga, Juli 2022 lalu menegaskan bagaimana pentingnya investasi sumber daya manusia (SDM) dalam konteks penanggulangan kemiskinan.

Baca juga : Ganjar Optimalkan Penyaluran BLT BBM Tepat Sasaran

"Dalam konteks penanggulangan kemiskinan, investasi SDM ini tidak murah, tidak mudah, tetapi mempunyai nilai tinggi karena mereka sangat kompetitif," kata Ganjar.

Sebab itu, kata Ganjar, keberadaan sekolah menengah yang maju menjadi salah satu langkah jangka panjang dalam pengentasan kemiskinan.

Baca juga : Ganjar Dukung Kedaulatan Pangan Daerah

Terlebih lagi, kata Ganjar, para siswa selalu ditekankan beberapa hal yaitu skill, knowledge, dan attitude sehingga dapat membentuk karakter anak.

"Harapannya ketika lulus nanti setiap anak memiliki karakter dan disiplin yang kuat sehingga mampu berkompetisi," pungkas Ganjar. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.