Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Simpatisan Dukung Pertemuan Anies-AHY

Jumat, 7 Oktober 2022 10:46 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Istimewa)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertemuan antara Bakal Calon Presiden (Bacapres) Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang dilaksanakan pada Jumat pagi (7/10/2022), dinilai sebagai peristiwa bersejarah yang dapat menjadi awal perubahan politik di Indonesia.

Silaturahmi kebangsaan di Kantor DPP PD itu dianggap sebagai momentum yang tepat untuk mendorong terbentuknya koalisi parpol pengusung Anies Baswedan, yang oleh beberapa lembaga survei disebut-sebut memiliki peluang besar untuk memenangkan Pilpres 2024. 

Pandangan tersebut disampaikan oleh Raharja Waluya Jati, Sekjen SKI (Sekretariat Kolaborasi Indonesia), organisasi masyarakat pendukung Anies Baswedan.

Baca juga : Teja Paku Alam Dukung Penundaan Liga 1

”Pertemuan Anies-AHY memberikan nuansa positif terkait keinginan banyak pihak agar rencana pembentukan koalisi parpol dapat diakselerasi. Hal tersebut sesuai dengan aspirasi masyarakat agar kerjasama politik untuk mengusung Pak Anies segera diformalkan,” ujar Raharja Waluya Jati, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (7/10).

Menurut Jati, masyarakat, khususnya para pendukung Anies, menunggu-nunggu terlaksananya pertemuan antara kedua tokoh politik tersebut. Pasca deklarasi pencapresan Anies oleh Nasdem, publik berharap agar PD dan PKS dapat secepatnya meresmikan pencalonan Anies.

”Pertemuan Anies-AHY diharapkan menghasilkan kesepahaman untuk melangkah bersama guna memperjuangkan Indonesia yang lebih berkeadilan sosial, melalui Pemilu dan Pilpres 2024,” lanjutnya. 

Baca juga : Simpatisan Yakin Partai Demokrat Dan PKS Segera Deklarasi Anies Capres 2024

Inisiatif Anies untuk menyambangi dan membuka dialog dengan parpol-parpol yang selama ini diwartakan bakal berkoalisi, kata Jati, merupakan pelaksanaan mandat pencapresan dari Nasdem dan kelompok masyarakat seperti Majelis Warga.

”Kedatangan Pak Anies ke DPP PD menunjukkan bahwa beliau menjalankan mandat dengan amanah. Beliau terjun langsung menjadi playmaker perubahan,” ucapnya.

Dalam kacamata SKI, sambutan PD yang selalu hangat dan terbuka pada Anies menunjukkan chemistry yang baik di antara kedua belah pihak. Bahkan, tidak hanya dengan AHY, Anies juga diketahui memiliki hubungan historis yang dekat dengan para pendiri dan pengurus DPP PD. Hal tersebut dimungkinkan karena Anies pernah menjadi salah satu peserta Konvensi Capres PD, satu dekade lalu.

Baca juga : Urbanisasi Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional

”Kami melihat baik Mas Anies maupun Mas AHY dan PD sama-sama memiliki visi untuk menjadikan Indonesia lebih baik di masa mendatang. Semoga pertemuan hari ini memperkuat energi untuk menggerakkan perubahan,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.