Dark/Light Mode

Sikapi Deklarasi Nasdem

Demokrat DKI Ungkap Kedekatan Anies Dengan AHY

Senin, 3 Oktober 2022 22:04 WIB
Ketua Demokrat DKI Mujiono. (Foto: Istimewa)
Ketua Demokrat DKI Mujiono. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiono menyambut baik deklarasi Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024 oleh Partai NasDem. Sikap Mujiono yang juga merupakan Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta ini sejalan dengan pernyataan sikap DPP Partai Demokrat.  

Di mana DPP Partai Demokrat melalui juru bicaranya Herzaky Mahendra Putra menyatakan, menghormati kemandirian dan independensi tiap partai politik dalam proses pengambilan keputusan politik. 

Baca juga : Capresnya Sudah Ada Cawapres Belum Deal

“Karena itu, Demokrat menyambut baik langkah NasDem yang hari ini menetapkan Anies Baswedan sebagai capres untuk Pilpres 2024. Mari kita saling menghormati mekanisme dan keputusan setiap parpol, sebagai wujud komitmen kita merawat Demokrasi di Negeri ini,” kata Herzaki dalam keterangan tertulis yang diteruskan Mujiono ketika dikonfirmasi terkait pencapresan Anies, Senin (3/10).

Seperti yang disampaikan oleh Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat Rapimnas Partai Demokrat pada 15 September lalu, capres dan cawapres Demokrat harus memiliki kriteria yang menitikberatkan pada: integritas, kapasitas, elektabilitas, punya ‘chemistry’, dan yang paling penting memiliki semangat memperjuangkan ‘Perubahan dan Perbaikan’. 

Baca juga : Wamen LHK Dorong Pemda Menjaga Kelestarian Bumi Dengan Bersepeda

“Sejauh ini, rekam jejak Anies memiliki keselarasan dengan nilai-nilai yang kami perjuangkan. Anies dan Ketum AHY pun memiliki hubungan yang cukup dekat,” ujarnya. 

Selain itu, komunikasi Demokrat dengan NasDem dan PKS selama ini terjalin dengan sangat baik akan terus berlanjut.

Baca juga : Kader Demokrat Sikapi Pilpres 2024 Hingga BBM

“Begitu pula dengan deklarasi capres NasDem hari ini pun sebelumnya telah dikomunikasikan kepada kami. Lebih lanjut, dalam penentuan Capres dan Cawapres, tiga partai ini memiliki kesamaan sikap untuk memperjuangkan ‘Perubahan dan Perbaikan’ dalam menyikapi kondisi bangsa saat ini,” tegasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.